Jelang Ramadan, Jumlah Penumpang di Terminal Pakupatan Relatif Normal

SERANG, (KB).- Jumlah penumpang pengguna moda transportasi bus di Terminal Pakupatan Kota Serang relatif normal. Sehari menjelang Ramadan, Ahad (5/5/2019) belum ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Kondisi tersebut berbeda dengan Ramadan tahun sebelumnya yang mengalami peningkatan jumlah penumpang mencapai 40 sampai 50 persen.

Santo, seorang supir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mengatakan, sejak sepekan lalu penumpang bus tidak terlalu banyak. “Kalau di minggu ini belum ada peningkatan penumpang. Mungkin karena awal puasa, dan tidak ada libur,” katanya, Ahad (5/5/2019).

Kebanyakan tujuan penumpang saat ini hanya seputaran Serang, Jakarta, Bogor dan Bandung. “Itupun anak-anak sekolah sama mahasiswa penumpangnya. Berasa sepi sih di tahun ini,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten di Terminal Pakupatan, tidak terlihat keramaian penumpang kawasan tersebut. Sama seperti hari-hari biasa, dan tidak ada penumpukan penumpang bus, baik bus AKAP maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Bus AKDP Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum Damri) juga tidak mengalami peningkatan jumlah penumpang jelang awal Ramadan tahun ini. “Untuk AKDP itu belum ada kenaikan yang signifikan. Bahkan sampai hari ini belum terlihat ada peningkatan jumlah penumpang, baik AKDP maupun perintis,” ujar General Manager Perum Damri Serang M Aris Sutanto.

Ia memprediksi, peningkatan jumlah penumpang baru akan terlihat pada minggu kedua Ramadan. “Mungkin nanti, prediksi saya sekitar dua minggu puasa ini. Karena biasanya banyak yang sibuk untuk persiapan mudik,” katanya.

Berdasarkan pantauannya, penumpang Perintis dan AKDP di hari pertama Ramadan ini sama seperti hari-hari biasanya. “Penumpang belum terlihat banyak, masih sama seperti hari biasa. Kemudian, penumpang bandara juga tidak sebanyak tahun lalu. Mungkin karena memang masih awal puasa, jadi belum dapat hari libur,” ucapnya.

Sementara pantauan di Stasiun Kereta Api (KA) Serang, puluhan penumpang terlihat memadati stasiun menjelang sore. “Memang biasanya satu minggu sekali pulang. Tapi ini kebetulan besok hari pertama puasa, jadi hari ini pulang dulu sekalian sahur pertama dirumah bareng keluarga,” kata Adrian salah satu penumpang KA jurusan Rangkabitung. (Rizki/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here