Jelang Pra PON, Pengprov TI Banten Gelar Kejuaraan Taekwondo Banten Open

SERANG, (KB).- Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Banten menggelar ajang Kejuaraan Taekwondo Open, yang dijadikan sebagai ajang pemanasan jelang Pra PON, hingga Popnas. Kompetisi yang bertajuk 6th Banten Open Taekwondo Champhionship 2019 tersebut, rencananya akan diselenggarakan pada 8-10 Maret 2019 di Gedung Graha Pancasila, Kabupaten Pandeglang.

Ketua Pengprov TI Banten E. Kosasih mengatakan, kejuaraan tersebut merupakan yang ke-6 kalinya diselenggarakan otoritas tertinggi cabang olah raga taekwondo di Banten tersebut. Kali ini kompetisi yang dibuka secara nasional tersebut, akan mempertandingkan tiga kategori.

“Ada tiga kategori usia yang akan dipertandingkan, yakni kadet, junior, dan senior. Hal tersebut diharapkan mampu menjaring seluruh taekwondoin dari berbagai usia se-Indonesia. Sehingga akan memaksimalkan keikutsertaan peserta pada ajang ini,” ujarnya kepada Kabar Banten, Senin (28/1/2019).

Sementara itu, Sekretaris Pengprov TI Banten Fiva Zabreno mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan undangan kejuaraan tersebut ke beberapa klub, pengprov taekwondo, hingga pengcab taekwondo se-Indonesia. Hingga saat ini sudah ada beberapa daerah yang menyatakan kesiapannya, di antaranya Pengprov TI Sumatera Barat, Pengcab TI Kota Padang, Pengcab TI Kota Bogor, Pengcab TI Kabupaten Bogor, Pengcab TI Kabupaten Lumajang, hingga Pengcab TI Kota Bandung.

“Sudah banyak yang menyatakan kesiapannya untuk ikut serta pada ajang ini, bahkan dari pengcab dan pengprov luar Banten pun sudah siap. Ini pun belum dari klub-klub taekwondo, karena kami membuka kejuaraan ini secara open, jadi pesertanya bebas dari mana saja,” katanya.

Ia mengatakan, sampai saat ini setidaknya sudah ada 70 peserta yang mendaftarkan diri, untuk turut andil pada kejuaraan tersebut. Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah, mengingat sejumlah daerah memanfaatkan ajang ini sebagai pemanasan jelang Popnas dan Pra PON.

“Ya tidak sedikit daerah-daerah yang memanfaatkan ajang ini untuk pemanasan. Mereka kan harus mempersiapkan diri menjelang Popnas, Pra-PON sampai ke PON. Jadi ini bisa menjadi ajang pemanasan sekaligus untuk memantau kekuatan masing-masing,” ucapnya.

Ia berharap kejuaraan tersebut dapat sekaligus menjadi ajang try in bagi taekwondoin Banten, yang juga harus mempersiapkan diri menghadapi berbagai kejuaraan setingkat nasional tahun ini. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here