Jelang Pra PON, Panahan Banten Siapkan Agenda Try Out

SERANG, (KB).- Pengprov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Banten sedang mempersiapkan diri untuk agenda try out menghadapi babak prakualifikasi PON. Agenda try out tersebut berupa mengikuti agenda Kejuaraan Piala Panglima TNI Open 2019, yang akan digelar Juni di Lapangan Pusjas Mabes TNI, Cilangkap.

Sebanyak 7 atlet panahan Banten yang merupakan anggota Pelatda Jangka Panjang (PJP) dan Non PJP sedang dipersiapkan di Lapangan Panahan Perpani Kota Tangerang. Latihan rutin yang dilakukan 4 kali dalam sepekan selama bulan puasa lebih difokuskan untuk meningkatkan ketepatan panahan atau scoring para pemanah.

“Selama puasa kita lebih mengutamakan latihan pada teknik dan melakukan scoring, atlet dituntut bisa melakukan meningkatkan total scoring yang mendekati skor tertinggi di PON,” ujar Pelatih Pelatda Pra PON Panahan Banten Jaja.

Ia mengatakan, atlet Banten difokuskan memenuhi target nilai 350 di kategori putra dan 340 di bagian putri. Skor ini adalah nilai yang dicapai peraih medali emas pada PON XIX/2016 di Jawa Barat. Dari hasil latihan selama ini, dikemukakan Jaja, pemanah Banten terus menunjukkan hasil positif.

Ini dibuktikan dengan skoring terakhir mencapai angka 345 di bagian putra dan 335 di bagian putri yang dicatatkan Risda Amalia. Selain itu, kata dia, pada kejuaraan Piala Panglima TNI Open 2019, pihaknya menargetkan bisa membawa pulang medali dari 3 nomor yang dipertandingkan. Salah satunya berasal dari Danang Haristanto yang merupakan atlet PJP yang mampu mencatat poin 345 saat skoring.

Sementara itu, diungkap Jaja, saat ini dua atlet program PJP juga sedang mendapat kesempatan berlatih bersama Pelatnas SEA Games XXX/2019 di Cijantung. Kedua atlet yang dipanggil adalah Ryan Raffi Adiputra untuk nomor recurve dan Kevin Juliano di nomor compound.

“Kita mengikuti tiga atlet ke Seleknas, tapi di babak akhir Danang tereliminasi. Jadi hanya dua yang lolos ke Pelatnas,” ujar Jaja.

Terpilihnya kedua atlet Banten tersebut, diakui Jaja, membuat Pengprov Perpani Banten bertambah kepercayaan diri untuk tampil di ajang Pra PON. Berlatih dengan pemanah nasional lainnya, selain akan menambah kemampuan teknik juga mental bertanding pemanah Banten tersebut.

Sehingga pada pelaksanaan Pra PON Banten tidak hanya mengandalkan Indra Prasetio dan Risda Amalia, peraih medali emas PON XIX/2016 di Jawa Barat untuk mendapat tiket tampil di PON. Jaja mengungkapkan, saat ini selain Indra dan Risda, pihaknya juga mengandalkan tiga penghuni PJP lainnya yakni Ryan, Kevin dan Danang.

“Plus lima atlet Non PJP, meski tidak semua yang ditarget untuk bisa lolos dengan target tiga besar pada Pra PON,” tuturnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here