Jelang PON Papua, Gantole Banten Butuh Adaptasi Venue

SERANG, (KB).- Tim Gantole Banten butuh beradaptasi dengan venue, yang nantinya akan menjadi lokasi pertandingan pada PON Papua 2020. Bahkan, adaptasi tersebut setidaknya mencapai satu pekan sebelum pertandingan dilaksanakan.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Pelatih sekaligus merangkap atlet gantole Banten, Enoh Aji. Ia mengatakan, gantole merupakan cabor yang sangat berkaitan dengan alam, sehingga membutuhkan adaptasi dengan alam yang sangat baik.

“Nah, saya dengar di sana venuenya cukup sulit. Daerah perbukitan dan saat mendarat sering terjadi turbulensi. Di mana ada gerakan fluida yang ditandai dengan perubahan kekacauan dalam tekanan dan kecepatan aliran. Itu bisa merugikan atlet jika tak mampu menguasainya. Makanya, kami perlu adaptasi di sana minimal satu minggu lah,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Sementara terkait Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) XX PON, atlet peraih medali emas saat PON XVII tersebut menjelaskan, sedang berusaha adaptasi menggunakan teknik static towing.

Alasannya, mereka kesulitan menggunakan metode ini di babak prakualifikasi PON beberapa waktu yang lalu. Para atlet tidak terbiasa dengan sistem kerja static towing dengan motor diam, yang dapat mengulur tali sepanjang 1.000 meter.

Di Pra PON, atlet rutin latihan dengan sistem aero towing yang menggunakan pesawat microlight, atau trike hingga ketinggian sekitar 2.000 meter lalu dilepas.

“Sistem lepas landas pilot static towing belum kami dalami. Kami fokus di aerotowing. Bedanya itu, static towing motornya diam, kalau aerotowing pesawat penariknya ikut terbang. Makanya, saat panitia mengubah metode di Pra PON, kami sedikit kelabakan. Sekarang sedang diuji coba terus,” ucapnya.

Menurut dia, latihan kelas ketepatan mendarat (KTM) menggunakan static towing itu, dilangsungkan di Lapangan Terbang Gorda Kabupaten Serang. Sedangkan nomor cross country menyesuaikan cuara.

“Kami hanya berdoa, semoga saat berlaga di Papua, mampu memberikan yang terbaik untuk Banten. Oleh karenanya, hingga sekarang rutin latihan demi meraih prestasi puncak,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here