Kamis, 24 Mei 2018

Jelang Pilkades, Kapolres Pandeglang Kumpulkan Camat

KAPOLRES Pandeglang, AKBP Ary Satriyan didampingi Wakapolres Kompol Nur Rahman mengumpulkan sebanyak 32 camat se-Kabupaten Pandeglang, di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Senin (23/10/2017).

Dalam pertemuan itu, Kapolres mengimbau para camat dan panitia Pilkades agar menjaga netralitas dan ikut memelihara kondusivitas daerah. Acara tersebut dihadiri Asda I Pemkab Pandeglag, Agus Priadi Mustika, Kepala DPMPD, Taufik Hidayat, dan perwakilan dari Satpol PP.

Dalam acara tersebut, Kapolres Ary mengimbau semua pihak menjaga netralitas dan transparan, agar terpelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Para calon kepala desa, apabila ada permasalahan untuk tidak menyelesaikan dengan cara anarkis dan mengerahkan massa. Tetapi, selesaikan masalah dengan menempuh jalur musyawarah atau jalur hukum,” katanya.

Selain itu, lanjut Kapolres, terkait adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Kapolri, Mendagri dan Menteri Desa, diharapkan seluruh camat bisa menyampaikan informasi tersebut kepada para Kades.

“Dengan kesepakatan itu, para kades agar tidak main-main dengan dana desa, karena akan dilakukan pembinaan, pengawasan, dan pengamanan. Soal dana desa yang dikucurkan, agar saling menyampaikan informasi dan data penggunaan dana desa. Sebab dana desa harus digunakan sesuai aturan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, para camat agar mengawasi kepada desa yang menyelenggarakan Pilkades. Sehingga pelaksanaannya bisa berjalan lancar.

“Kita berharap, para camat ketika menemukan atau mendapatkan informasi desa yang mengalami masalah Pilkades, agar secepatnya berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Sehingga, persoalan tersebut tidak bertambah besar dan meluas,” tuturnya.

Selain pelaksanaan Pilkades, lanjut Taufik, dalam penggunaan dana desa, aparat kepolisian ikut dilibatkan. Sehingga, jangan sampai ada kades yang terjerat hukum, gara-gara menyelewengkan dana desa.

“Dengan adanya kesepakatan dengan Polri, agar camat menyampaikan informasi ini ke kades, sehingga penyaluran program desa sesuai aturan. Dengan begitu, diharapkan tidak ada kades yang terlibat kasus hukum,” ucapnya. (Iman Fathurohman)***


Sekilas Info

Ramadan, Persediaan Darah Menipis

PANDEGLANG, (KB).- Memasuki bulan Ramadan pasokan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *