Jelang Nataru, Dirlantas Keimigrasian Sidak Kesiapan Petugas Imigrasi Bandara Soetta

Apel Persiapan Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020, di Bandara Soekarno Hatta.*

TANGERANG, (KB).- Menghadapi peak season Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 yang diperkirakan akan terjadi hingga 8 Januari 2020 mendatang, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Keimigrasian, Cucu Koswala melakukan Inspeksi mendadak (sidak) mengecek kesiapan petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (19/12/2019) petang.

“Di Bandara Soetta ada sebanyak 803 petugas disiagakan untuk melayani penumpang dari dan keluar negeri baik di Terminal 2 maupun Terminal 3. Jika terjadi lonjakan maka jumlah personel akan ditambah,” ungkap Koswala.

Dikatakan Cucu, dalam sidak tersebut pihaknya tidak menemui kendala berarti. Secara keseluruhan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus disebut siap dalam melayani penumpang pada libur akhir tahun kali ini.

“Namun demikian, selain pelayanan yang humanis, peningkatan pengawasan tetap dilakukan untuk mencegah masuknya warga negara asing yang melanggar keimigrasian,” tandas Koswala.

Sementara dalam pengawasan warga negara asing (WNA), menurut dia, pihak Keimigrasian berkoordinasi secara intensif dengan TNI/Polri, Angkasa Pura II, Bea Cukai, Karantina, Kesehatan pelabuhan yang tergabung dalam Tim Terpadu Nataru. Sehingga ketika ditemukan satu masalah, dapat diselesaikan dengan baik.

“Selain itu, kami juga melibatkan Tim pengawasan orang asing atau Timpora yang terdiri dari berbagai instansi dan stakeholder. Dan pastinya kita ingin memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada mereka (penumpang) sehingga tidak stres ketika berangkat atau juga tidak stres ketika mereka tiba karena dilayani oleh para petugas dengan baik yang profesional,” tukasnya.

Menurun

Merujuk pada data tahun lalu, tercatat jumlah penumpang yang melintas di Terminal Kedatangan Tempat Pemerikasaan Imirasi (TPI) Bandara Soetta Tangerang totalnya ada 6.951.294 orang. Dengan rincian 4.644.455 adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan 2.611.135 adalah Warga Negara Asing (WNA). Dan untuk di Terminal Keberangkatan, total penumpang yang melintas di tahun lalu ada sekitar 7.496.433 orang.

“Jika dibandingkan perlintasan penumpang pada periode Januari-15 Desember 2019 dan tahun 2018 maka di dapat total penumpang yang melintas di tahun ini menurun sebanyak 5,67% jika dibandingkan tahun lalu,” ujar Direktur Jendral Imigrasi Republik Indonesia, Ronny F Sompie.

Menurut dia, penyebab dari penurunan perlintasan penumpang dari dan ke luar negeri pada TPI Bandara Soetta Tangerang di tahun ini lebih dikarenakan tidak ada penyelenggaraan even besar seperti yang terjadi pada tahun 2018 ada beberapa kegiatan besar skala internasional, salah satunya ASIAN Games 2018.

“Meskipun tidak ada agenda besar seperti tahun lalu, namun Imigrasi Soetta tetap siap 7×24 jam menyambut lonjakan penumpang pada akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here