Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag Pantau Harga Sembako di Kota Serang

SERANG, (KB).- Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memantau harga sembako di Kota Serang, Kamis (21/11/2019). Pemantauan tersebut dilaksanakan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Gudang Bulog Sub-Divre Serang dan Gudang salah satu minimarket di Legok, Kota Serang.

Inspektur II Kemendag Etti Susilowaty mengatakan, hasil pantauan barang kebutuhan di pasar relatif stabil dan persediaan ketersediaan cukup baik, untuk semua komoditas, seperti daging, beras premium, minyak goreng, telur, dan gula.

“Dilihat tadi harga stabil, stok cukup dan distribusi lancar, misalnya beras dan gula mencukupi untuk delapan bulan ke depan,” katanya seusai melakukan peninjauan dengan didampingi Kepala Disperindag Provinsi Banten Babar Suharso dan Kepala Disperidaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono.

Ia menuturkan, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan di akhir tahun ini. Namun, secara keseluruhan masih relatif stabil, seperti pada komoditas telur. “Telur ada kenaikan, tapi tidak signifikan, tapi yang lainnya stabil,” katanya.

Selanjutnya, usai melakukan pemantauan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, untuk membentuk tim khusus Satgas Pangan untuk memantau harga secara khusus. Tim tersebut, terdiri atas Kemendag, Disperindag Provinsi, Kabupaten/Kota, tim Bulog, dan Satgas Pangan.

“Kami satu tim gabungan dan beberapa simpul-simpul harus kami ketahui mungkin ada kelangkaan (barang), di sini harga jual stabil, tapi di tingkat konsumen tinggi itu kenapa,” ujarnya.

Setelah melakukan pemantauan, tim Kemendag, kemudian beralih ke Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) untuk berkoordinasi dengan Pemprov Banten di Pendopo Gubernur Banten. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here