Jelang Lebaran, Pemohon Kartu Keterangan Sehat Meningkat

SERANG, (KB).- Menjelang lebaran idul fitri 1441 hijriyah, jumlah pemohon kartu keterangan sehat di Kabupaten Serang mengalami peningkatan. Surat tersebut banyak dibutuhkan, khususnya bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Wahyu Suwardi menuturkan, menjelang lebaran tahun ini jumlah pemohon yang mengajukan pembuatan surat keterangan sehat di Kabupaten Serang mengalami peningkatan. Rata-rata para pemohon merupakan calon pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya. Biasanya mereka mengajukan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

“Dari informasi yang ada di Puskesmas, memang jelang lebaran ini yang meminta surat keterangan sehat mengalami peningkatan. Soalnya mereka minta itu untuk mudik,” kata Wahyu kepada Kabar Banten, Kamis (21/5/2020).

Padahal, dia mengatakan, sebetulnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang telah menegaskan selama pandemi ini Puskesmas dilarang untuk mengeluarkan surat keterangan sehat. Sebab dikhawatirkan hal tersebut akan disalahgunakan oleh beberapa orang tertentu. Apalagi dengan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini.

“Kami tidak bisa melayani atau mengeluarkan surat keterangan sehat, khususnya yang bebas covid-19. Kami sudah melarang semua rumah sakit maupun Puskesmas untuk mengelurakan surat keterangan sehat,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here