Jelang Hari Raya Idul Adha, Banten Diserbu Hewan Kurban Luar Daerah

SERANG, (KB).- Sejumlah pedagang hewan kurban jenis kambing atau domba menjelang Hari Raya Iduladha ini mulai marak. Hanya saja, kambing yang diperjualbelikan kebanyakan berasal dari luar daerah.

Salah seorang penjual kambing kurban di daerah Kaliwadas, Kota Serang, Rizal (54) mengatakan, kambing yang dijualnya rata-rata merupakan kambing yang berasal dari daerah Blitar, Sukabumi dan Garut. Sedangkan kambing lokal sedikit, dibanding kambing atau domba dari luar daerah.

“Kualitas kambing dari daerah itu bagus, cocok buat kurban atau aqiqah. Kalau kambing lokal kurang bagus perawatan aja. Kalau soal kualitas sebenarnya nggak beda jauh,” ucapnya, Ahad (29/7/2018).

Hal hampir senada dikatakan Maftuhi (37), pedagang kambing kurban lainnya. Ia mengaku, kambing atau domba yang dijualnya lebih banyak dari luar daerah. “Lokal tetap saya jual, tetapi memang kambing dari luar daerah lebih banyak peminatnya,” ucapnya.

Ia sudah lima tahun menjalani bisnis kambing musiman tersebut. Ia berjualan ketika mendekati Hari Raya Iduladha. “Sengaja buka lapak jauh hari, karena sudah ada beberapa pelanggan yang sudah pesan duluan. Saya juga ngejualin kambing orang,” ujarnya.

Untuk pasaran harga kambing di tahun ini masih stabil dan belum ada kenaikan. Harganya berkisar Rp 2 juta sampai Rp 7 juta per ekornya.¬† “Bergantung dari ukuran sama kondisi kambingnya. Pokoknya saya jual yang paling murah mulai dari Rp 2 juta,” katanya.

Dalam semusim, biasanya ia dapat menjual kambing sekitar 50 sampai 60 ekor dengan keuntungan yang cukup lumayan dari hasil penjualan. Tidak sampai sebulan, Hari Raya Iduladha akan tiba. Lapak penjual hewan kurban sudah banyak bermunculan di beberapa daerah di Banten. Bagi para peternak kambing domba, tentunya momen seperti itu merupakan peluang emas yang tak boleh dilewatkan. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here