Rabu, 23 Mei 2018

Jelang Golok Day 2018: Pendekar Berkumpul, Lalu Nitis Waris

Menjelang perhelatan “golok day”, ada dua kegiatan internasional yang digelar sekaligus mulai Jumat-Sabtu (4-5/5/2018). Kedua kegiatan itu, mudzakarah pendekar internasional dan nitis waris.

Dirut PT Bisnis Banten Agus Hermawan mengatakan, kedua kegiatan tersebut merupakan perhelatan budaya yang mempertemukan para pendekar pencak silat dari berbagai negara, tak terkecuali dari bumi Banten dan tatar Pasundan.

“Suatu kehormatan bagi Banten yang dikenal sebagai bumi para jawara dan ulama, ditunjuk sebagai tuan rumah dari dua pagelaran yang berkelas dunia, yakni mudzakarah pendekar internasional dan nitis waris,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian acara pembuka dari event “Golok Day 2018” yang diadakan di Kota Cilegon pada keesokan harinya.

“Dalam kegiatan ini, diikuti para pesilat dunia dari Swiss (1 pendekar), Belanda (1 pendekar), Prancis (4 pendekar), dan Amerika Serikat (2 pendekar). Sedangkan Indonesia diwakili oleh para jawara dari Padepokan Gunung Karang Banten, Padepokan Maung Bodas Sukabumi, dan Padepokan pasundan/Panglipur Garut Jawa Barat,” ujarnya.

Agus menjelaskan, mudzakarah pendekar internasional yang digelar pada Jumat (4/5) malam, merupakan sebuah perhelatan budaya luar biasa yang mempertemukan para pendekar dari berbagai dunia, termasuk Indonesia.

“Para pendekar ini akan unjuk kebolehan sekaligus membahas rencana ke depan terkait perkembangan seni bela diri pencak silat yang kini sudah mendunia. Tentu ini merupakan momen sangat luar biasa yang akan mengangkat seni beladiri pencak silat semakin mendunia. Kegiatan ini kian menegaskan bahwa Banten sebagai bumi para jawara,” tutur pemilik Baduy Outbond tersebut.

Selain dihadiri para tokoh masyarakat Banten yang memiliki kepedulian terhadap warisan budaya leluhur, hadir pulan pakar seni budaya, pakar arkeologi, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten, dan para pemangku kebijakan seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Kebudayaan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten. (HS)*


Sekilas Info

Taman Mahkota Ratu Cikeusal

Para pecinta wisata taman tidak perlu mencari objek wisata ke luar daerah. Namun saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *