Jelang Arus Mudik, Airport Digital Lounge Hadir di Terminal 1 Bandara Soetta

TANGERANG, (KB).- Jelang arus mudik Lebaran 2019, PT Angkasa Pura II mengoperasikan Airport Digital Lounge (Dilo) di Terminal I Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang setelah sebelumnya hadir di Terminal 2 dan 3.

Dilo terletak di samping pintu masuk Terminal 1B dan berdampingan dengan area Costumer Service Lion Air yang memudahkan calon penumpang atau pengantar, untuk menggunakan semua fasilitas di area Terminal I.

“Kami juga mencoba menghadirkan bukan sekedar ikut-ikutan mendigitalkan bandara, namun ingin membuat nyaman para costumer atau pengunjung Bandara Soetta dengan berbagai fasilitas di digital di rumah, bisa didapat di Airport Dilo ini,” klaim Presiden Direktur PT AP II, Muhammad Awaluddin, Jumat (10/5/2019).

Awaluddin mengungkapkan bahwa Bandara Soetta kini telah bertransformasi mengikuti perkembangan jaman karena telah dilengkapi berbagai fasilitas digital demi memberikan kemudahan pelayanan kepada pengguna jasa. Dirinya menyebut, kalau saat ini pengguna jasa di bandara membutuhkan kecepatan pelayanan. Selain itu, para pelanggan juga membutuhkan kenyamanan ketika berada di bandara. Sehingga teknologi adalah jawaban untuk dapat menyokong kebutuhan tersebut.

“Itulah yang menjadi prioritas kami untuk kedepan terus-menerus meningkatkan berbagai fasilitas berbasis digital,” ucapnya.

Menurut Awaluddin, aktivitas yang dapat dilakukan di Airport Dilo antara lain pelayanan informasi, self check-in counter, virtual assistant melalui chat bot, coworking space, digital wayfinding, reservasi perjalanan/akomodasi, dan juga official airport merchandise store.

Selain itu, Airport Dilo juga dilengkapi dengan robot pintar yang bernama DILO. Robot pintar DILO tersebut, memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) melalui layar sentuh pada robot. Awaluddin berharap, Airport Dilo dapat menjadi pusat informasi layanan digital untuk lebih mempermudah perjalanan pengguna jasa, serta aktivitas penunjang lainnya.

“Jadi bandara kita sudah mulai bertransformasi menjadi bandara modern berbasis digital dan ini menjadi sebuah konsep model operasi pengelolaan yang betul-betul berbeda. Dan tentu saja ini untuk terus meningkatkan reputasi bandara serta saya tegaskan bahwa bandara ini sebagai cerminan dari sebuah reputasi negara,” tuturnya.

Fasilitas ini pun bukan pertama kali ada di bandara tersebut, sebelumnya juga sudah ada di Terminal 2 dan Terminal 3, dengan berbagai Airport Dilo yang mengusung tema berbeda. Namun tetap, memberikan fasilitas digital yang menyesuaikan kebutuhan penumpangnya.

Selain memasuki musim Arus Mudik Lebaran 2019, Awaluddin mengaku, kehadiran Airport Dilo ini memang bagian dari program ‘Millenial Traveller Experience’. Adapun mayoritas pengguna Airport Dilo ini dari kalangan milenial yang memang gemar berpergian.

“Makanya, di setahun terakhir ini, kami memberi porsi lebih atau perhatian lebih kepada generasi milenial tanpa mengenyampingkan kalangan penumpang lain, untuk terus menambah fasilitas yang ada di Bandara Soetta,” tukas Awaluddin. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here