Jumat, 21 September 2018
berobat Cukup dengan tunjukkan KTP

Jaringan Pusat Error, Pelayanan Disdukcapil Kota Serang Terganggu

SERANG, (KB).- Pelayanan pencetakan KTP elektronik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Kamis (8/2/2018) tidak berjalan. Hal tersebut disebabkan jaringan pusat mengalami gangguan. Hal tersebut seperti dikatakan warga, Agus Saputra yang sedang mengurus pembuatan KTP elektronik. Menurut petugas, jaringan pusat mengalami gangguan sehingga tidak bisa melayani. “Jaringannya rusak (error) kata petugas,” katanya.

Warga lain, Nurmala Sari mengatakan, sempat kecewa dengan pelayanan Disdukcapil. Karena dirinya sudah lama membuat KTP akan tetapi sampai sekarang tidak juga selesai. Ia berharap ketika ada kendala jaringan, Disdukcapil Kota Serang menginformasikan sejak awal. “Tapi ini kan tidak ada sama sekali. Banyak warga yang datang, tapi langsung pulang ketika tahu jaringan error,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Kota Serang, Ipiyanto mengungkapkan, jaringan dari pusat sedang mengalami gangguan, sehingga berdampak kepada pelayanan pencetakan KTP elektronik.
“Perlu saya informasikan, dari kemarin sampai saat ini jaringan untuk KTP-el mengalami gangguan dari pusat. Hal itu sangat mengganggu pelayanan pada masyarakat dan menimbulkan fitnah pada petugas kami,” ucapnya.

Ia meminta bagi warga di Kecamatan Serang dan Cipocok Jaya yang KTP elektroniknya sudah dicetak agar mengecek di kantor kelurahannya masing-masing. “Jadi untuk kecamatan tersebut kami dahulukan dan sudah kami cetak sebagian. Jika belum, bisa menanyakan lewat aplikasi smartdukcapil, nanti kami informasikan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, biasanya jika jaringan sudah normal pihaknya akan mencetak KTP elektronik pada malam hari. Namun kadang yang jadi kendala berkas yang sudah diserahkan warga diambil kembali. Dengan demikian, sekalipun jaringan normal pihaknya tidak bisa mencetak karena berkasnya tidak ada. “Kami menunggu jaringan,” katanya.

Menurutnya, bagi warga yang sudah melakukan perekaman sejak lama tapi KTP elektronik belum juga dicetak, kemungkinan disebabkan oleh data di pusat belum penunggalan. “Saya minta agar masyarakat yang belum menerima KTP bersabar. Gangguan jaringan ini bukan karena disebabkan server pusat saja, bisa juga karena cuaca,” ujarnya. (SN)***


Sekilas Info

Maraknya Aksi Kriminal di Kota Serang, MUI Minta Aparat Kerja Ekstra

SERANG, (KB).- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang meminta aparat kepolisian bekerja ekstra demi menjamin rasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *