Rabu, 20 Februari 2019
Breaking News

Jangan Pilih Calon Sekda ”Gila Jabatan”

PANDEGLANG, (KB).- Muncul beragam harapan dari sejumlah kalangan terkait figur Sekretaris daerah (sekda) yang akan maju dalam lelang jabatan strategis di Pemkab Pandeglang. Mereka menanti lahir sosok sekda itu, selain memiliki integritas dan loyalitas juga jangan sampai sosok sekda orang yang gila jabatan. “Kami khawatir, kalau sekda nanti gila jabatan, jika terpilih hanya akan mementingkan pribadi dan golongan saja,” kata Ketua Laskar Merah Putih Indonesia (LPMI) Pandeglang, M. Abdurrochim kepada Kabar Banten, Ahad (21/5/2017).

Menurutnya, saat ini Pansel sekda sedang membuka tahapan pendaftaran, dan diharapan pelaksanaannya bisa transparan. Dengan lelang jabatan secara terbuka dan profesional akan mencegah praktik permainan jabatan, termasuk bentuk intervensi dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan.
”Setiap proses lelang harus dibuka ke publik, sehingga publik bisa menilai calon sekda itu, apakah benar-benar layak atau tidak,” ujar Abdurrochim.

Pihaknya berharap calon sekda selain teruji, memiliki rekam jejak yang bagus, juga harus memiliki integritas dan loyalitas baik terhadap pimpinan maupun bawahan. Sebab, sekda jabatan tertinggi dalam struktur birokrasi. Oleh karena itu, sosok sekda harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam segala bidang. ”Seorang sekda harus bisa membantu ibu (Bupati), dalam menjabarkan setiap visi dan misinya. Karena, sekda harus mendukung bupati, terutama dalam menggerakkan semua program pembangunan, sehingga bisa terealisasi dengan baik,” tuturnya.

Saat disinggung siapa calon sekda yang berkompeten di Pandeglang, dia enggan menyebutkan. Sebab, hal itu kewenangan penuh bupati, dalam menilai sosok calon sekda. ”Kalau soal calon mana yang akan dipercaya nanti menjabat sekda, itu kan kewenangan bupati, tetapi kalau kan cukup banyak yang berkompeten menjadi sekda. Yang jelas bupati harus memiliki orang yang benar-benar mau bekerja, sebaliknya bukan gila jabatan,” ucapnya.

Hal hampir senada dikatakan Nouvan Hidayat, Ketua Lembaga Komite masyarakat untuk partisipasi dan transparansi (Kompast) Pandeglang. Ia mengatakan, dengan lelang jabatan sekda yang prosesnya dilaksanakan secara baik, dipastikan akan menghasilkan sekda yang berkompeten. Sehingga, sekda nanti bisa membantu bupati dalam merealisasikan visi dan misinya, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa cepat terwujud. ”Peran sekda ini sangat penting dalam sebuah pemerintahan, sehingga bupati jangan sampai salah pilih. Sebab kalau tidak akan menjadi bumerang kepada bupati,” katanya.(H-50)***


Sekilas Info

Kasus Tunda, Kejari Pandeglang Telusuri Keterlibatan Anak Mantan Bupati

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang mendalami kasus tunjangan daerah (tunda) guru pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *