Jangan Anggap Remeh Persoalan ”Stunting”

KETUA Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lebak, Ani Ade Sumardi mengingatkan agar masyarakat tidak menganggap remeh persoalan stunting. Sebab, stunting tidak hanya akan memengaruhi kesehatan anak, tetapi juga menghambat perkembangan mereka di masa depan.

“Persoalan stunting bukan sesuatu hal yang bisa dianggap remeh. Karena dampak, selain bisa memengaruhi kesehatan juga bisa menghambat perkembangan anak di masa depan. Sehingga, seluruh elemen harus turut membantu pemerintah untuk menurunkan angka stunting,” kata Ani Ade Sumardi saat acara Bimbingan teknis (Bintek) pendidikan keluarga dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan keluarga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Aula PPK Lebak, Selasa (15/10/2019).

Ia mengatakan, untuk mendukung perkembangan anak dan pencegahan stunting, maka salah satu upayanya yaitu dalam mencegah terjadinya gizi buruk yang mengakibatkan kekerdilan pada anak atau stunting. Untuk itu, tim penggerak PKK selaku penggerak di desa harus bisa membantu pemerintah untuk menurunkan angka stunting.

“Karena, hanya 30 persen saja yang bisa dilakukan oleh Dinas kesehatan (Dinkes), selebihnya harus ada bantuan dari semua pihak, yaitu kita semua,” ucapnya.

Perempuan berperan penting

Sementara, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, bintek ini dinilai sangat penting. Karena, bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan keluarga sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Lebak.

“Perempuan berperan penting dalam permasalahan stunting. Karena perempuan adalah motor penggerak negara yang mengurus sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Untuk diketahui, acara bintek tersebut berlangsung 15 sampai 17 Oktober 2019. Kegiatan diikuti 600 peserta terbagi tiga kelompok terdiri dari unsur Ketua Pokja II (Pendidikan) TP-PKK Lebak, Ketua TP-PKK Kecamatan, Penilik/Pengawas PAUD, Ketua TP-PKK Desa, dan Pengelola Lembaga PAUD. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here