Rabu, 26 September 2018
Puluhan penerima program Jamsosratu sedang mengikuti pembinaan wirausaha yang digelar di Koperasi Mandiri Sakti, di Saketi, Jumat (9/2/2018).*

Jamsosratu Topang Perekonomian Warga

PANDEGLANG, (KB).- Program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) diklaim bisa menopang perekonomian masyarakat apabila dikelola dengan baik dan profesional. Apalagi program tersebut dikelola dengan bentuk membangun koperasi akan meningkatkan kemajuan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Siti Salamah, penerima program Jamsosratu kepada Kabar Banten, Jumat (9/2/2018). Menurut dia, program Jamsosratu sangat membantu kemandirian masyarakat untuk mengembangkan usahanya. Seperti di Kecamatan Saketi ada Koperasi Jamsosratu Mandiri Saksi. Koperasi tersebut mengalami kemajuan. Dan sekarang sudah memiliki banyak anggota di masyarakat.

Menurut Siti, kehadiran koperasi tersebut tidak saja membantu permodalan bagi anggota. Tetapi koperasi tersebut mengemban tugas memberikan pembinaan masyarakat agar usahanya mandiri.
Siti mengajak masyarakat untuk terus kerja sama dan kompak dalam menekuni dunia wirausaha. Sehingga para penerima bantuan bisa lebih mandiri untuk membuka peluang usaha. ”Bulan lalu, kami para ketua kelompok penerima bantuan jamsosratu berkumpul untuk merumuskan pembentukan koperasi Jamsosratu,” kata Siti.

Sementara itu, pendamping Jamsosratu Kecamatan Saketi, Jajat Permana mengatakan, penerimaan Jamsosratu di wilayah binaannya telah dibuatkan koperasi usaha bersama. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan demikian, masyarakat mendapatkan peluang usaha bagi penerima bantuan. ”Sebetulnya, koperasi sudah dibentuk dan berjalan dari dua tahun lalu. Hanya saja legalitas koperasinya baru tahun ini diselesaikan. Dan sekarang kita lagi menunggu SK dari Menteri Koperasi,” tuturnya.

Menurut dia, sejauh ini koperasi yang baru berjalan hanya koperasi simpan pinjam. Tetapi belum semua terakomodasi. Karena koperasi tersebut diberikan dalam bentuk pinjaman yang harus diganti permodalannya. ”Sekarang hampir semua desa di Kecamatan Saketi sudah mendapatkan modal usaha. Dan modal itu digulirkan ke anggota hasil dari tabungan masing-masing kelompok,” katanya. (IF)***


Sekilas Info

Bidan Garda Terdepan ‎Kesehatan Bangsa

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, profesi bidan menjadi ujung tombak pembangunan manusia Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *