Jambore Pengelola Program KKBPK 2019, Capaian Sasaran Program KKBPK Diharapkan Meningkat

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si, saat memberikan sambutan pada kegiatan Jambore Pengelola Program KKBPK 2019.*

SERANG, (KB).- Untuk meningkatkan komitmen pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Banten di lini lapangan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengelar kegiatan  Jambore Pengelola Program KKBPK 2019, di salah satu hotel di Anyer, Kamis-Sabtu (14-16/11/2019).

Kegiatan yang mengusung tema  “Jambore Pengelola Program KKBPK sebagai  Wahana dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan  Teknis dan Manajerial dalam Pengelolaan Program KKBPK“ tersebut, dihadiri para pelaksana dan pengelola program KKBPK tingkat lini lapangan seperti Penyuluh KB (PLKB/PKB) se-Provinsi Banten, PPKBD, Sub PPKBD, ketua-ketua Kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, UPPKS, para remaja yang tergabung dalam wadah kelompok kegiatan Pusat Informasi/Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK-R/M), serta unsur kepala desa yang tergabung dalam APDESI.

Kegiatan tersebut diawali pembinaan bagi ASN perwakilan BKKBN Provinsi Banten serta para kepala OPD KB se-Provinsi Banten oleh  Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI Nofrijal.

Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Nofrijal (pegang mic) saat menyampaikan arahan bagi ASN perwakilan BKKBN Provinsi Banten serta para kepala OPD KB se-Provinsi Banten.*

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Aan Jumhana menyampaikan bahwa kegiatan ini selain ajang evaluasi capaian program, sekaligus juga sebagai upaya meningkatkan  pemahaman para pelaksana dan pengelola program KKBPK di berbagai tingkatan terutama dalam menghadapi lingkungan strategis yang berubah pesat seperti perkembangan teknologi informasi 4.0, termasuk di dalamnya upaya pemanfaatan bonus demografi yang sedang terjadi.

Selain itu, pertemuan tersebut diharapkan  sebagai ajang silaturahmi dan ‘capacity building’ dalam rangka mempererat dan memperkuat rasa memiliki para pelaksana dan pengelola Program KKBPK. “Hal ini dipandang sangat penting dan strategis mengingat bahwa keberhasilan program KB di masa lalu pun karena peran serta dan kontribusi mereka,” ujarnya.

Peserta kegiatan Jambore Pengelola Program KKBPK tahun 2019.*

Aan mengatakan, pengelolaan program KKBPK yang dilaksanakan sekarang harus dilaksanakan dengan perubahan-perubahan pendekatan untuk menjawab kebutuhan pelayanan kepada masyarakat yang semakin dinamis dan kompleks dengan tetap mengedepankan kearifan lokal, agar layanan program KKBPK bisa lebih optimal. Salah satu upaya yang dapat ditempuh mengenai hal tersebut adalah melalui kegiatan Jambore Pengelola Program KKBPK di Tingkat Lini Lapangan.

“Dalam pertemuan ini dilakukan orientasi kembali berbagai materi baik yang bersifat teoritis maupun praktis guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pengelola Program KKBPK. Kegiatan ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan pencapaian sasaran Program KKBPK di Provinsi Banten,” ujarnya.

Aan mengungkapkan, peran mitra sebagai penggerak lini lapangan program KKBPK perlu mendapatkan perhatian yang lebih baik, mengingat saat ini citra program KB perlu dibangkitkan kembali, direvitalisasi sehingga terjadi pemahaman yang sama pada seluruh masyarakat bahwa program KB tidak hanya berorientasi pada upaya pengendalian kelahiran melalui penggunaan alat kontrasepsi, tetapi ada misi yang lebih luas seperti  program Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang diamanatkan UU No.52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

“Dengan pertimbangan tersebut, kita  ingin mengembalikan peran keluarga sebagai wahana pertama dan utama dalam membentuk karakter manusia sejak dini,  sekaligus sebagai upaya peningkatan ketahanan keluarga yang menjadikan keluarga  sebagai benteng pertahanan pertama dalam meredam pengaruh negatif yang datang dari luar. Dan tentu saja ini memerlukan sinergitas lintas sektor  termasuk  masyarakat,” ujar Aan. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here