Jalan Rusak ”Memaksa” Ibu Melahirkan

Seorang ibu muda bernama Sari (28) istri dari Kemod (30), warga Kampung Pasir Sempur RT 04/RW 01, Desa Cibarani terpaksa melahirkan di pinggir jalan rusak, di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Selasa (10/3/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.*

KISAH haru dialami seorang ibu muda yang terpaksa melahirkan di pinggir jalan rusak, di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Selasa (10/3/2020) sekitar pukul 14.30 WIB. Peristiwa tersebut terjadi setelah motor yang ditumpanginya mengalami pecah ban saat akan menuju puskesmas.

Kepala Desa Cibarani Dulhani mengatakan, ibu yang melahirkan di jalan bernama Sari (28) istri dari Kemod (30), warga Kampung Pasir Sempur RT 04/RW 01, Desa Cibarani. Sari melahirkan di jalan yang rusak saat akan pergi ke Puskesmas Pembantu yang berlokasi di Kampung Parigi, Desa Karang Nunggal, Kecamatan Cirinten.

Menurut dia, dalam perjalanan sepeda motor yang ditumpangi Sari mengalami kempes ban. Di jalan poros desa yang menghubungkan Desa Cibarani dan Desa Karang Nunggal ini lah Sari yang tak kuat menahan janinnya akhirnya melahirkan. Puskesmas yang dituju Sari disebut berjarak sekitar 3,5 kilometer dari tempat tinggalnya.

“Kebetulan ada bidan desa yang mau kondangan dikasih tahu oleh Kasi Pemerintahan Desa Cibarani dan langsung melakukan pertolongan. Itu jalan kondisinya rusak,” ujar Dulhani, Selasa (10/3/2010).

Usai mendapat pertolongan, kata Dulhani, ibu melahirkan tersebut langsung dibawa ke Puskesmas Pembantu di Desa Karang Nunggal. “Iya dibawa ke Desa Karang Nunggal,” kata Dulhani.

Kepala UPT Dinas Kesehatan Kecamatan Cirinten Opik, membenarkan adanya seorang ibu melahirkan di tengah jalan saat akan menuju ke Puskesmas Pembantu.

“Iya benar, kebetulan saya belum mendapat laporan lengkapnya. Sekarang saya dalam perjalanan pulang ke Cirinten habis rapat di Rangkasbitung, nanti lengkapnya kami sampaikan lagi,” kata Opik. (Dini Hidayat)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here