Selasa, 25 September 2018

Jalan Citorek-Warung Banten Dibangun

LEBAK, (KB).- Pemerintah Provinsi Banten akan segera membangun ruas jalan Citorek-Warung Banten sepanjang 25 kilometer dengan anggaran berkelanjutan (multiyears) dengan anggaran sekitar Rp 200 miliar. Pembangunan jalan yang menghubungkan Cipanas-Citorek-Warung Banten hingga menembus Sukabumi sangat vital. Untuk menghubungkan jalan antarkabupaten sekaligus membuka akses pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedalaman Kabupaten Lebak.

Pelaksana Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Kuncoro menyatakan, pembangunan jalan yang akan menelan biaya sekitar Rp 200 miliar itu akan secepatnya direalisasikan pada triwulan pertama TA 2018. “Anggaran pembangunan jalan itu sekitar Rp 200 miliar dan secepatnya direalisasikan. Pada April 2018 bisa dikerjakan dan memakan waktu tiga tahun ke depan,” kata Kuncoro, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ruas jalan tersebut menghubungkan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, serta akan membuka daerah-daerah terisolasi di pedalaman Kabupaten Lebak karena jalan tersebut berada di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

”Saat ini akan dilakukan tender pelelangan kepada pihak ketiga untuk pelaksanaan pembangunan proyek jalan provinsi tersebut. Kami optimistis pertumbuhan ekonomi akan menggeliat, termasuk pariwisata jika betonisasi Jalan Citorek-Warung Banten rampung hingga tahun 2021. Bahkan bisa membebaskan Lebak dari daerah tertinggal,” ujarnya.

Dijelaskan, selama ini masyarakat mengeluhkan kondisi jalan sangat parah. Terlebih curah hujan di daerah itu cenderung meningkat. Ruas jalan itu berlubang-lubang yang mengakibatkan berbagai angkutan harus berjalan pelan-pelan. Kerusakan jalan yang terparah itu menghubungkan Citorek-Warung Banten sepanjang 29 km.

Menurut dia, pembangunan betonisasi Jalan Citorek-Warung Banten dengan lebar lima meter itu sehingga cukup besar untuk dilintasi berbagai jenis angkutan. Konstruksi betonisasi dipastikan cukup bertahan lama dan tahan terhadap air dibandingkan hotmix. Pembangunan betonisasi Jalan Citorek-Warung Banten sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bisa mengendalikan kemiskinan dan pengangguran. (DH/Ant)*** 


Sekilas Info

Delegasi GLF 2018 Akan Kunjungi Hutan Adat Kasepuhan Karang Kabupaten Lebak

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meyambut kedatangan 20 orang dari 18 negara yang merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *