Sabtu, 20 Oktober 2018

Jalan Ciekek-Kadomas Gagal Dibangun

PANDEGLANG, (KB).- Jalan rusak menghubungkan Ciekek-Kadomas yang ditanami pohon pisang oleh warga gagal dibangun tahun ini. Sebab, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pandeglang menyebutkan, jalan tersebut hanya masuk pemeliharaan rutin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang, Girgi Jiantoro memastikan jalan Ciekek-Kadomas di Kampung Ciekek Hilir, Kelurahan Karaton, Kecamatan Majasari, yang ditanami pohon pisang oleh warga tidak bisa dibangun tahun ini. Soalnya, jalan tersebut hanya dilakukan perawatan rutin.

“Jalan Ciekek-Kadomas untuk tahun ini tidak dianggarkan untuk dibangun total, namun hanya pemeliharaan rutin saja,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang, Girgi Jiantoro, Selasa (9/10/2018).

Menurut dia, kemungkinan besar jalan tersebut baru bisa dibangun tahun depan. Sebab, saat ini jalan tersebut akan diusulkan PUPR melalui jalur perencanaan teknokratis detail engineering design atau DED untuk jalan tersebut sudah ada.

“Jauh-jauh hari sebelum jalan itu ramai ditanami pohon pisang oleh warga. Kami sudah mengusulkan jalan itu masuk pada pembangunan tahun 2019,” ucapnya.

Menurut Girgi, ada dua usulan pembangunan jalan. Pertama, beton dan hotmix. “Kalau yang rigid beton disetujui, butuh anggarannya Rp 3,7 miliar, dan hotmix sekitar Rp 1,7 miliar. Untuk panjangnya sekitar 1.400 meter dengan lebar badan jalannya 5 meter,” ucapnya.

Ia meminta masyarakat agar bersabar, karena Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) Pandeglang terbatas dan belum mampu mengakomodasi semua usulan pembangunan. “Kami harap masyarakat berdoa agar usulan jalan tersebut dapat disetujui oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Karena sebentar lagi kami akan membahas APBD 2019,” katanya.

Ketua Fraksi PPP DPRD Pandeglang, Ida Ating berharap Dinas PUPR serius memprioritaskan jalan dekat pusat kota. Jalan rusak tersebut jaraknya dekat dengan pemerintahan, jadi harus segera dibangun.

Sekretaris Komisi III DPRD Pandeglang, Muhlas Halim mengatakan, kalau memang tahun ini tidak bisa dibangun Jalan Ciekek-Kadomas, maka DPUPR Pandeglang agar memerintahkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) jalan melakukan perawatan rutin terlebih dulu.

“Sambil menunggu tahun depan jalan itu dibangun, kami sarankan agar menggunakan anggaran pemeliharaan yang ada di UPT,” ucapnya. Muhlas berjanji akan mengawal agar jalan tersebut bisa masuk usulan anggaran 2019.

Seperti diketahui, jalan rusak di Kampung Ciekek Hilir, Kelurahan Karaton, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang ditanami pohon pisang oleh warga setempat, Senin (8/10/2018). Jalan kelas kabupaten sebagai akses transportasi warga sudah hampir 10 tahun tidak pernah ada perbaikan. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

Desa Langensari Kelola Curug Corogol

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintahan Desa Langensari Kecamatan Saketi mulai mengelola dan mengembangkan potensi wisata desa, salah satunya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *