Jadi ‘Startup’ Cukur Rambut Daring, DKapster Diyakini Terus Tumbuh

Yopy Perdana Kusuma, Founder dan CEO DKapster saat menjadi pembicara sekaligus membuka seminar nasional, workshop, dan lomba cukur rambut (hair battle) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) yang dihelat DKapster di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang, Sabtu (17/8/2019).*

TANGERANG, (KB).- Industri berbasis digital terus tumbuh seiring laju industri 4.0. Beragam inovasi muncul untuk memudahkan konsumen mendapatkan layanan tertentu. Seperti halnya DKapster, salah satu startup cukur rambut dalam jaringan (Daring) atau ‘online’. Sejak diluncurkan dua tahun lalu, DKapster terus berkembang. Dua tahun sejak diluncurkan, DKapster sudah memiliki ratusan mitra. Pelayanan cukur rambut melalui aplikasi DKapster sudah tersedia di pulau Jawa.

“Target kami melayani konsumen secara nasional. Untuk melakukan pemesanan, pengguna hanya tinggal mengklik-cukur-ganteng melalui aplikasi ‘Dkapster’ yang dapat diunduh di Play Store,” ujar Yopy Perdana Kusuma, Founder dan CEO DKapster di sela-sela seminar nasional, workshop, dan lomba cukur rambut (hair battle) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) yang dihelat DKapster di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang, Sabtu (17/8/2019).

Yopy mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 70 peserta lomba yang berasal dari Jabodetabek, Jawa, hingga Sumatera. “Momentum menyambut kemerdekaan Indonesia ini kami kemas dalam perlombaan, berbagi pengetahuan dan berbagi inspirasi. Peserta lomba beradu kemampuannya mencukur rambut dengan gaya dan kecepatan mencukur yang dinilai oleh tim juri. Hair battle memperebutkan hadiah berupa piagam dan uang tunai,” ujar Yopy.

Lomba cukur rambut yang diselenggarakan DKapster di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang, Sabtu (17/8/2019).*

Ia menuturkan, selain berbagi pengetahuan dan berbagi inspirasi untuk memajukan industri digital, momentum ini untuk mempererat tali silaturahmi antar para owner barbershop dan kapster. “Kami ingin membangun suatu ekosistem digital yang luar biasa dan saling sinergi. Karena zaman sekarang ini bukan saling bersaing, tapi kolaborasi untuk menyatukan UMKM yang menjadi daya dobrak bagi dunia industri yang pesat ini,” jelasnya.

Target utama DKapster saat ini adalah menjaring mitra kerja sebanyak-banyaknya. Yopy mengatakan, mitra kerja terus bertambah sejak aplikasi DKapster yang memberikan pelayanan cukur rambut dengan memesan kapster secara daring (online) diluncurkan sejak dua tahun lalu. “Kami ingin membangun ekosistem digital yang luar biasa dan saling sinergi. Karena zaman sekarang ini bukan saling bersaing, tapi kolaborasi untuk menyatukan UMKM yang menjadi daya dobrak bagi dunia industri,” ujarnya.

Yopy mengatakan, berdasarkan data, hingga sekarang mitra DKapster sudah mencapai ratusan. Sebelumnya, pelayanan hanya tersedia di Jabodetabek, sekarang sudah mulai melayani nasional. “Kami yakin bisnis ini akan terus tumbuh, karena menjadi solusi bagi kemajuan barbershop, kesejahteraan kapster, dan kepuasan konsumen,” ujar Yopy.

Ia menjelaskan, bahwa program booking untuk pemesanan cukur rambut melalui DKapster dapat memajukan mitra barbershop, DKapster tidak menerapkan pembagian hasil dalam program ini, karena proses pelayanan cukur rambut dilakukan di lokasi mitra barbershop. “Booking, yang diuntungkan owner, karena cukur di tempat barbershop-nya. Jadi, sepenuhnya keuntungan untuk owner,” katanya.

Sementara, program on demand dapat memberikan kesejahteraan bagi para kapster yang menjadi mitra DKapster. Dalam program ini, pelayanan cukur rambut dilakukan di rumah atau tempat yang diinginan konsumen. “Untuk on demand terdapat bagi hasil, 20 persen untuk aplikasi dan 80 persennya untuk kapster,” ujar Yopy.

Kepuasan konsumen yang bisa didapat adalah selain menerima pelayanan cukur rambut secara profesional, juga menerima pelayanan cepat dan berkualitas. “Kami memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen bahagia. Bahkan, bagi mitra yang berhasil menyelesaikan 500 pesanan cukur rambut selama setahun, DKapster akan memberikan penghargaan. Give away kami berikan sebagai upaya mendorong industri digital ini lebih pesat,” ujar Yopy.

Sementara itu, Owner Barbershop Joglo Ijo, Zoe Clipper mengaku, kegiatan DKapster ini sangat bermanfaat bagi kemajuan barbershop-nya. Ia rela datang dari Bogor demi meningkatkan kemajuan usaha barbershop miliknya dan para kapsternya. “Memang ini salah satu event yang dinanti para barber bahwa silaturahmi dan berbagi ilmu bisa menyatukan kemajuan. Kami berminat untuk menjadi mitra DKapster karena kami lihat pergerakannya sangat menguntungkan bagi barbershop,” pungkas Zoe. (Dewi Agustini/”KB”)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here