Jadi Pelataran Parkir Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Lahan TTM Disewa Rp 3 Miliar

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyewakan lahan seluas 2,5 hektare di belakang Terminal Terpadu Merak (TTM) kepada PT ASDP Indonesia Ferry. Kabarnya, lahan tersebut, akan digunakan PT ASDP Indonesia Ferry, untuk pelataran parkir Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, lahan tersebut, disewakan dengan nilai Rp 3 miliar per tahun. Penyewaan lahan tersebut, memberikan sumbangan bagi pendapatan asli daerah (PAD) secara signifikan. Bahkan, pemkot masih bisa menambah pundi-pundi pendapatan dari hal lain, seperti pajak parkir hingga pengelolaan pedagang.

“Itu semua sudah terjalin dalam MoU (memorandum of understanding) antara pemkot dengan PT ASDP Indonesia Ferry. Bunyinya masih skala umum, nanti akan disusul dengan hal yang lebih spesifik,” katanya seusai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Cilegon, di Aula Setda II Pemkot Cilegon, Kamis (13/12/2018).

Menurut dia, nilai sewa lahan hingga Rp 3 miliar telah melalui kajian tim appraisal. Nilai tersebut sepadan untuk menggantikan pendapatan Pemkot Cilegon yang hilang, yakni pelepasan aset TTM kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub)pada awal 2017 lalu.

“Dulu setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, aset TTM kan diserahkan ke Kemenhub, karena tipe A. Gara-gara itu, potensi pendapatan dari sektor retribusi terminal hilang sekitar Rp 2 miliar,” ujarnya.

Ia menuturkan, tim penghitungan aset dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkot Cilegon dan Bagian Hukum Setda Pemkot Cilegon masih melakukan kajian terkait penghitungan potensi pendapatan lain yang bisa digali. “Mudah-mudahan setelah dua tahun kehilangan PAD, pemkot bisa mendapatkan kembali di 2019 nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Humas PT ASDP Indonesia Ferry, Mario Sardadi Oetomo mengatakan, MoU dilakukan menjelang operasional Dermaga VI Pelabuhan Merak sebagai dermaga eksekutif. Penandatangan MoU pada awal pekan lalu, akan ditindaklanjuti untuk perjanjian secara khusus poin-poin yang akan dikerjasamakan.

“ASDP sewa lahan ke Pemkot Cilegon untuk area parkir, tempat-tempat pedagang, dan akses masuk dermaga eksekutif, karena dermaga eksekutif bersinggungan dengan lahan Pemkot Cilegon yang di belakang Terminal Merak,” tuturnya.

Ia menuturkan, pada angkutan Natal dan Tahun Baru, Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak akan segera dioperasikan. Pihaknya telah melakukan uji coba operasional pada Rabu (12/12/2018). Dengan dermaga eksekutif tersebut, nantinya akan ada pilihan bagi pengguna layanan penyeberangan. Dermaga eksekutif diisi kapal-kapal cepat yang waktu penyeberangan hanya sekitar satu jam saja. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here