Jadi Favorit di Bulan Ramadan, Harga Melon dan Blewah Di Pasar Induk Rau Stabil

Pembeli saat memilih buah melon di salah satu lapak pedagang di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Ahad (12/5/2019).*

SERANG, (KB).-Harga buah melon dan blewah diperdagangkan di Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang, terpantau masih stabil. Melon dan blewah menjadi buah favorit yang paling banyak dicari oleh masyarakat saat Ramadan.

“Melon dan blewah setiap bulan Ramadan selalu dicari pembeli, kebetulan panennya hampir sama seperti halnya timun suri di bulan puasa,” ujar salah satu pedagang di Pasar Induk Rau, Kota Serang, AP (Red) ketika ditemui Kabar Banten, Ahad (12/5/2019).

Ia mengatakan, semangka dan buah naga juga menjadi buah yang dicari pembeli, baik untuk dijual kembali, dikonsumsi sendiri, maupun untuk diolah lagi, serta dijual dalam bentuk jus atau sop buah. “Harga buah semangka, blewah dan melon dijual sekitar Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per kilogram tergantung kualitas. Sementara, nanas Rp 6.000 per kilogram,” ujarnya.

Naik atau turunnya harga buah dipengaruhi dari persediaan yang ada di sektor distributor serta lancarnya pasokan dari petani. “Kalau lancar, harga buah dipastikan tidak naik. Tapi kalau pasokan sedikit, pasti harga akan naik,” katanya.

Komoditas buah-buahan akan cenderung naik harganya hingga menjelang Lebaran nanti, seiring permintaan masyarakat yang diperkirakan bakal terus meningkat sehingga mengurangi persediaan buah. “Harga melon masih sekitar Rp 12.000 per kilogram, bisa saja nanti naik hingga Rp18.000 per kilogram seperti harga melon pada bulan puasa tahun lalu,” ujar AP.

Hal senada dikatakan Rully salah satu penjual es buah di sekitar Pasar Induk Rau, Kota Serang, harga buah-buahan bakal terus meningkat seperti bulan Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya. “Harga buah naga nanti bisa mencapai Rp 8.000 per buah. Permintaan buah-buahan saat puasa memang selalu tinggi, termasuk melon,” ucapnya.

Diketahui, buah-buahan yang dijual di Pasar Induk Rau, Kota Serang, umumnya berasal dari petani yang wilayahnya di Pulau Jawa seperti dari Lamongan, Jember, Ngawi, dan Tuban. (Azzam/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here