Jadi 10 Kecamatan, Pemkot Serang Usulkan Pemekaran

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengusulkan pemekaran dari 6 menjadi 10 kecamatan. Pemekaran kecamatan yang diusulkan kepada DPRD Kota Serang tersebut, bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir, mengatakan, kecamatan yang diusulkan untuk dimekarkan, terutama kecamatan yang wilayahnya cukup luas, seperti Kecamatan Cipocok Jaya, Kecamatan Walantaka, Kecamatan Serang dan Kecamatan Kasemen.

“Kecamatan Serang menjadi 2, Kecamatan Cipocok Jaya menjadi 2, Walantaka 2 dan Kasemen 2 jadi, total Kecamatan kalau kalau jadi ada 10 Kecamatan,” katanya kepada wartawan usai Rapat Paripurna di Sekretariat DPRD Kota Serang, Jalan Syekh Nawawi Albantani, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (27/11/2017).

Ia mengatakan, tujuan pemekaran tersebut untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
“Sebelumnya kan di Kota Serang ada 6 kecamatan. Kami (Pemkot Serang) mengusulkan menjadi 10 kecamatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses pelayanan petugas,” ujarnya.

Pemekaran kecamatan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan PP nomor 19 tahun 2008 tentang Kecamatan, yang di dalamnya terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi seperti syarat fisik kewilayahan, teknis dan administratif.  “Pemekaran juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanan publik, serta memberdayakan masyarakat kelurahan,” katanya.

Bukan membagi kekuasaan

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kota Serang, Furtasan Ali Yusuf, mengatakan, pada dasarnya pemekaran kecamatan menjadi hal positif. Selama tujuannya untuk mendekatkan pelayan kepada masyarakat, bukan untuk membagi kekuasaan.  “Memang konsep pemerintahan itu kan pelayanan, tambah dekat kan harapannya tambah cepat, tambah wilayahnya itu kecil itu diharapkan pelayanan tambah cepat dan pelayanannya tambah baik,” tuturnya.

Pemkot Serang perlu mempertimbangkan penambahan personil baru serta bertambahnya nilai belanja daerah. Jika semua itu memungkinkan, prinsipnya pemekaran merupakan hal yang positif dan perlu didukung. “Harus betul-betul dikaji matang apakah sudah layak atau belum, konsep penataannya seperti apa,” katanya.

Selama ini, tutur dia, memang ada sejumlah kecamatan yang wilayahnya cukup luas, seperti Kecamatan Serang dan Cipocok. Kedua kecamatan ini sudah layak untuk dimekarkan. “Tapi semangat soal pelayanan, bukan hanya semangat membagi keuasaan, kalau itu dilakukan sama dengan penghamburan,” tuturnya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here