Sabtu, 23 Februari 2019

Iti Octavia Jayabaya: PPNI Wujudkan Visi Lebak Sehat

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, mengapresiasi kehadiran perawat karena berdampak positif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Bupati juga menilai selama ini perawat sudah baik memerankan tupoksinya dalam sektor pelayanan kesehatan masyarakat. Hal itu dikatakan Bupati Lebak saat membuka agenda musyawarah daerah (Musda) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lebak IV, di Latansa Mashiro Hall, Lebak, Sabtu (19/1/2019).

“Pemilihan pengurus baru DPD PPNI Lebak menjadi momentum untuk melakukan refleksi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lebak,” kata Iti di hadapan peserta Musda PPNI IV.

Iti menjelaskan, Pemkab Lebak memiliki komitmen untuk mewujudkan Lebak sehat, Lebak cerdas dan Lebak sejahtera. Selama ini berbagai upaya di bidang kesehatan telah berjalan baik. Bukan hanya sekadar Kartu Lebak Sehat, tetapi bagaimana upaya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Lebak yang sehat meliputi upaya preventif, promotif, akuratif dan rehabilitatif.

“Peran perawat sebagai ujung tombak kesehatan yang terdepan perlu dekat dengan masyarakat dan dikenal masyarakat, sehingga akan timbul kepercayaan dari masyarakat,” ujarnya.

Iti berharap ke depan Pemkab Lebak mampu mewujudkan perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) dengan menempatkan satu desa satu perawat.

“Ini dilakukan agar program Lebak sehat bisa tercapai dan maksimal. Ke depan harus ada satu desa satu perawat,” ucapnya.

Ketua Panitia Musda PPNI IV Kabupaten Lebak, Endang Komarudin mengatakan, selain sebagai pelaksanaan kedaulatan tertinggi organisasi di tingkat Kabupaten, agenda Musda PPNI ini sebagai momentum untuk konsolidasi seluruh perawat se-Kabupaten Lebak.

“Berdasarkan data dari DPD PPNI Kabupaten Lebak, jumlah perawat yang aktif dan kerja di berbagai sarana kesehatan di Kabupaten Lebak ini sebanyak 1.117 orang. Dan jumlah ini akan semakin bertambah, karena kebutuhan tenaga perawat di Lebak semakin tinggi seiring dengan bertambahnya sarana kesehatan, baik di pemerintahan maupun swasta. Musda kali ini diharapkan menjadi wadah tertinggi untuk menampung aspirasi seluruh komponen perawat untuk masa bakti 5 tahun ke depan,” ucap Endang.

Sementara peserta yang hadir dalam Musda PPNI IV Tingkat Kabupaten Lebak saat ini adalah semua komponen atau perwakilan perawat di wilayah Kabupaten Lebak, mulai dari Dinas Kesehatan RS Dr. Adjidarmo, RS Misi, RS Kartini, dan 42 Puskesmas se-Kabupaten Lebak yang tersebar dalam 10 komisariat Musda PPNI Lebak tahun 2019. (Lugay)*


Sekilas Info

Warga Kecamatan Leuwidamar Tewas Disambar Petir

LEBAK, (KB).- Ade bin Sako (35) warga Kampung Cihandam RT 04/RW 02, Desa Cisimeut, Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *