Isyana Bagoes Oka Ajak Warga Tanjung Pasir Kembangkan Bank Sampah

TANGERANG, (KB).- Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka melakukan aksi bersih pantai bersama warga di Pelabuhan Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/12/2018). Mereka menyisir garis pantai di kawasan tersebut untuk membersihkan sampah dalam rangka HUT Kabupaten Tangerang.

“Upayakan sampah plastik jangan dibuang ke laut yah. Kalau plastiknya gede mungkin bisa didaur ulang. Tapi yang kecil-kecil kayak sedotan tuh agak susah. Makanya ayo dimulai juga dari diri kita sendiri, jangan terlalu sering pakai sedotan plastik,” ungkap Isyana.

Menurut Isyana, laut merupakan sumber daya alam potensial yang harus dijaga bersama. “Di Tangerang Raya, hanya Kabupaten Tangerang yang punya laut dan pantai. Kota Tangerang dan Tangsel nggak ada,” katanya. Potensi tersebut menurut dia, seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk sektor wisata maupun oleh nelayan.

Isyana juga mengajak masyarakat Tanjung Pasir untuk mengembangkan Bank Sampah yang dimiliki warga. Sampah yang masih didaur ulang bisa dipilah sejak dari rumah agar bisa dijual kembali dan menambah pendapatan masyarakat.

“Sekarang lagi ramai erupsi Gunung Krakatau. Semoga warga Tanjun Pasir tetap tenang, karena potensi tsunami di sini sangat kecil. Posisi dari daerah sini ke Gunung Krakatau, terhalang oleh Tanjung Bakauheni dan Tanjung Merak. Tetep beraktifitas seperti biasa yah,” tukas Isyana.

Sementara itu Puluhan warga di sana tampak antusias mengikuti kegiatan besih pantai. Mereka juga dibantu nelayan bersama komunitas pecinta lingkungan setempat, Toples Community. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here