Kamis, 21 Juni 2018

Isu PKI Berkaitan Erat dengan Tahun Politik

MARAKNYA isu Partai Komunis Indonesia (PKI) belakangan ini disinyalir erat kaitannya dengan tahun politik pada 2018 ini. Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Anis Fuad mengatakan, hampir di setiap menghadapi tahun politik baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres), isu PKI kembali muncul ke permukaan.

Menurut dia, hal tersebut bisa saja menjadi alat politik untuk menghancurkan kekuatan politik tertentu. “Bisa jadi ada kaitannya juga seperti itu (tahun politik). Ya ini hanya alat politik saja, bumbu-bumbu politik saja,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (18/2/2018). Menurut dia, PKI sebagai sebuah gerakan dan pemikiran tentu masih ada.

Akan tetapi, menurut dia, jika PKI dianggap sebagai kekuatan besar yang bisa merongrong bangsa Indonesia kembali sudah tidak mungkin. Oleh karena itu, masyarakat diminta jeli menilai isu yang berkembang dan tidak mudah terprovokasi. “Artinya, sekarang masyarakat dewasa atau tidak untuk tidak terprovokasi. Itu saja sebenarnya. Cuma sayangnya masyarakat kami tidak bisa memilah mana itu yang dimanfaatkan oleh aktor-aktor politik di belakang itu,” ujarnya.

Ia mencontohkan saat Pilpres 2014, isu PKI juga santer. Namun, rupanya isu tersebut tidak berpengaruh besar terhadap pemilih pada saat itu. Bahkan, menurut dia, pada saat Pilgub Banten juga isu PKI muncul ke permukaan. “Di Banten juga merasakan, di Pilpres juga. Tapi, ternyata kan tidak ada pengaruh apapun pada masyarakat. Tetapi, itu sebagai isu bisa jadi, ‘digoreng’ ya,” ucapnya. Meski begitu, menurut dia, besar kecilnya pengaruh isu tersebut bagaimana aktor yang memainkan isu tersebut mengemasnya.

Ia menilai, isu PKI tersebut hanya merupakan alat politik semata yang sama halnya dengan isu agama. Diketahui, belakangan ini di sejumlah daerah terjadi aksi main hakim sendiri terhadap seseorang yang diduga PKI. Di Banten, sejauh ini telah terjadi dua peristiwa tersebut, yaitu di Pandeglang pada Sabtu (10/2/2018) dan di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, pada Jumat (16/2/2018) kemarin. (Masykur/ Job)***


Sekilas Info

Para Calon Anggota Legislatif Wajib Tahu Ini

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 dengan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *