Isi Jabatan Camat, Pemkab Serang Segera Mutasi dan Promosi Pejabat

Agus Erwana, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Serang.

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan segera mengisi posisi jabatan camat yang saat ini kosong. Pemkab akan melakukan mutasi, rotasi, dan promosi pejabat dalam pengisian tersebut. Hal tersebut rencanakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang, Agus Erwana mengatakan, pengisian jabatan kosong sebenarnya sudah bisa dilakukan, hanya saja sebelumnya bupati ingin menunggu assessment pejabat selesai. Sekarang assessment pejabat eselon III semua sudah, hal tersebut dilakukan untuk penelusuran bakat mereka.

“Nanti jabatan eselon 3 dulu yang kami isi terutama jabatan camat. Mutasi rotasi pasti ada, karena ada pergerakan, untuk promosi itu mungkin ada yang dijadikan beberapa pertimbangan. Dalam pengisian ini (jabatan camat yang kosong) kelihatannya banyak yang promosi, seperti dari sekmat,” katanya ketika ditemui Kabar Banten di Lingkungan Pemkab Serang, Kamis (12/4/2018).

Ia menuturkan, pengisian jabatan kosong belum dilakukan, karena pemkab ingin turut menyukseskan kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XXXVIII.

“Jadi, pemkab ingin acara ini diselesaikan dulu, karena Kabupaten Serang juga ketempatan tahun ini. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun di provinsi berbeda, jadi nanti Kabupaten Serang kebagian lagi pada 34 tahun yang akan datang. Nanti setelah selesai ini kami segera lakukan pengisian jabatan camat kosong,” ujarnya.

Pengisian jabatan, ucap dia, akan dilakukan secara bertahap, namun yang pertama akan dilakukan pengisian jabatan camat atau eselon III terlebih dahulu. Meski saat ini ada beberapa jabatan camat yang kosong, namun hal tersebut tidak mengganggu pelayanan ke masyarakat, karena pemkab serang juga menunjuk plt.

“Sejauh ini bagus, gak ganggu kinerja juga, hanya yang terasa mungkin kekosongan camat, karena jadi tidak ada PPAT (pejabat pembuat akta tanah)-nya yang ada hanya PPAT sementara, tapi itu kan bisa juga dilayani, di lingkungan itu ada juga PPAT notaris,” tuturnya.

Kepala Bidang Pengembangan Karier pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman menuturkan, jabatan eselon III yang kosong saat ini ada 9 jabatan, di antaranya tiga jabatan camat yang kosong, yaitu di Lebakwangi, Pontang, Cinangka, dan satu jabatan sekmat di Kragilan, sisanya sekretaris OPD, kabag dan kabid.

“Sekretaris yang kosong itu di BKPSDM, Ketahanan Pangan, Disdukcapil, dan Perizinan. Tapi, yang kosong itu semua ada plt-nya jadi pelayanan tetap berjalan,” katanya. Ia berharap, jabatan kosong tersebut segera terisi dan pihaknya sudah siap untuk pengisiannya. “Mudah-mudahan secepatnya, kami juga berharap segera, kami sekarang tinggal tunggu dari ibu bupati menginstruksikan pengisian, kalau kami siap saja kapan pun,” ujarnya.

Sementara, untuk pengisian jabatan eselon IV yang kosong, menurut dia, kemungkinan dilakukan di sekitar Oktober 2018, karena bupati ingin menunggu assessment seluruh eselon IV selesai. “Kan eselon IV belum semua (assessment). Jadi, itu pengisiannya kemungkinan di Oktober, setelah asessment dulu. Kalau eselon III memang harus segera diisi, sepertinya promosi semua, misalnya dari kabid ke sekmat, kan sudah assessment semua eselon II mah,” ucapnya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here