Irna Siap Fasilitasi Sengketa Lahan KEK

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita angkat bicara terkait sengketa lahan antara warga ahli waris dengan pihak Banten West Java (BWJ) selaku pengembang Tanjung Lesung. Dalam waktu dekat, Irna akan menggelar rapat membahas persoalan ini dengan mengundang dua pihak yang bersengketa.

“Pemkab akan memfasilitasi lagi rapat bersama unsur terkait, dan masing-masing pihak diharapkan membawa bukti kepemilikan sengketa lahan seluas 462 hektare.Harus ada solusi terbaik, mediasi, musyawarah. Saya tidak menghendaki persoalan ini sampai berdampak menggangu iklim investasi,” kata Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita kepada Kabar Banten, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, persengketaan lahan tersebut harus segera diakhiri. Sebab, pemerintah tidak ingin persoalan itu menghambat investasi. “Saya minta dua belah pihak saling menahan diri dan tempuh musyawarah,” ujarnya. Seperti diketahui, Sengketa lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung melibatkan warga ahli waris dengan pihak PT. Banten West Java (BWJ), hingga kini belum terpecahkan.

Akibatnya, warga yang mengklaim ahli waris itu sudah mempersiapkan rencana untuk memagar lahan yang bersengketa seluas 462 hektare. Sebelumnya, pekan lalu warga telah mematok lahan tersebut yang diklaim bukan milik BWJ. Mereka mematok lahan itu dengan dasar memiliki 271 surat kepemilikan lahan berupa girik. Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Nusantara (Binus), Uneh Junaedi selaku perwakilan warga ahli waris mengatakan, sebelumnya kita sudah mematok lahan tersebut sebagai bentuk penegasan lahan itu milik warga.

“Kita akan kirimkan surat ke bupati Besok Senin ini (18/12/20174). Awalnya, kita tunggu jawaban BWJ untuk membuktikan kepemilikan lahan, namun mereka tidak bisa memperlihatkan bukti kepemilikan lahan di blok 22 itu. Mereka juga seperti belum ada iktikad untuk menyelesaikan persengketaan lahan tersebut,” kata Uneh. Dia menjelaskan, selaku perwakilan warga sudah siap menghadapi berbagai kemungkinan risiko menghadapi sengketa lahan. Dan kita akan terus perjuangkan hak-hak masyarakat,” ucapnya. (IF)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here