Senin, 25 Juni 2018

Irna Narulita: Waspadai Penyakit Pascabanjir

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran wabah penyakit pascabanjir. Biasanya, saat musim hujan rentan terjadi penyakit gatal-gatal dan diare. “Saya harap dinas kesehatan terus meningkatkan pelayanan kesehatan terutama di daerah yang kemarin terkena banjir. Gerakan setiap Puskesmas untuk melayani kesehatan maksimal di masyarakat,” kata Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita.

Menurut dia, sejauh ini belum ada laporan resmi warga yang terkena penyakit diare. Meski demikian Irna berharap, pascabanjir warga aman dari serangan penyakit. “Saya imbau saat warga mengalami demam, influenza dan gatal-gatal segera memeriksa kesehatan ke rumah sakit maupun Puskesmas,” ujarnya.

Selain itu, Irna melanjutkan, dinas kesehatan dan Puskesmas di Sukaresmi dan Panimbang agar meningkatkan pelayanan kesehatan. Karena pekan lalu sempat ada warga yang terkena gatal-gatal. “Meski warga sudah mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan posko bencana, tetapi upaya antisipasi harus terus dilakukan. Warga juga harus ikut menjaga kesehatan dan tidak melakukan aktivitas membahayakan saat terjadi hujan deras,” tuturnya.

Irna mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai agar berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas membahayakan saat kondisi hujan deras. Warga diminta untuk melaporkan setiap kejadian bencana baik ke aparat desa setempat maupun ke pemerintah daerah. Dengan laporan dan informasi warga akan memudahkan petugas dalam penanganan bencana.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Didi Mulyadi mengatakan, semua Puskesmas di 35 kecamatan telah diinstruksikan untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara maksimal. “Saya sudah instruksikan setiap Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Karena pascabanjir dan intensitas curah hujan tinggi rentan menimbulkan wabah penyakit,” ucapnya.

Kepala Puskesmas Panimbang, Endang mengatakan, petugas terus memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal. Selama musim hujan, para petugas medis di Puskesmas Panimbang membuka pengobatan di posko bencana alam. “Kita tingkatkan pelayanan kesehatan secara maksimal. Kita juga sudah selesai mengobati masyarakat yang terkena gatal-gatal dan diare. Dan warga yang terkena penyakit tersebut sudah membaik,” ujarnya. (EM)***


Sekilas Info

Dua Pencuri Mobil Ditangkap

PANDEGLANG, (KB).- Dalam waktu tiga hari, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pandeglang berhasil menangkap dua tersangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *