Irna Narulita: Revisi RTRW Hambat Investor

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, banyak investor yang akan menanamkan modalnya. Namun, penanaman modal tersebut masih terhambat karena Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masih dalam tahap revisi.

“Investor itu hanya menunggu Tol Serang-Panimbang, kemudian saya akan audiensi ke Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang). Sebab, banyak perizinan besar yang terganggu, karena belum terbitnya perda revisi RTRW. Tersumbatnya di mana? Semua usulan-usulan permohonan dokumen yang kurang sudah kami lengkapi, sehingga diterbitkan Perda revisi RTRW,” kata Bupati Irna kepada Kabar Banten, Senin (8/7/2019).

Menurut Irna, banyak investor yang hendak membangun, tetapi akibat belum terbitnya perda revisi RTRW, puluhan miliar masih melayang.

“Mereka mau ngebangun belum ada izin. Saya sudah perang batin, kalau mau dihitung itu miliaran, dari Malaysia berapa puluh miliar mau yang migas terapung di Panimbang, mereka sudah ekspose,” ucapnya.

Irna mengatakan, beberapa waktu lalu ada yang mau membangun hotel mercure, akan tetapi meminta jaminan bahwa Tol Serang-Panimbang jadi.

“Saya telepon Menteri PUPR nya, kalau tidak jadi dia minta dikembalikan uangnya. Saya minta saya mohon, apakah Tol Serang-Panimbang bisa berlanjut atau tidak. Menteri PUPR menjamin bahwa progres nanti Tol Serang-Panimbang jadi dan sampai ke Panimbang,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, beberapa investor sudah waiting list, akan tetapi dirinya tidak berani mengeluarkan izin.

“Perizinan sudah numpuk di DPMPTSP, tapi kami tidak berani memberikan izin prinsip. Investor itu hanya menunggu Tol Serang-Panimbang,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perizinan DPMPTSP Kabupaten Pandeglang Eric Widaswara mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan investor tidak berani menanam modal di Kabupaten Pandeglang, karena sampai saat ini masih terkendala revisi RTRW yang belum selesai.

“Banyak sebetulnya investor yang mau masuk, akan tetapi revisi RTRW yang belum selesai, jadinya terhambat,” ucapnya. (Ade Taufik/IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here