Rabu, 22 Agustus 2018

Irna: Kemajuan Wisata Ditangan Masyarakat

Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita mengatakan, dalam meningkatkan daya saing dan daya tarik pariwisata Tanjung Lesung dan destinasi wisata lainnya di Pandeglang, membutuhkan peran serta masyarakat. “Pemberdayaan dan peran aktif masyarakat sangat penting untuk kemajuan pariwisata. Karenanya, majunya wisata ada ditangan masyarakat,” kata Irna, saat membuka Workshop Peningkatan Atraksi Wisata di Kawasan Tanjung Lesung dan sekitarnya yang digelar di salah satu hotel di Pandeglang, Jumat (20/10/2017).

Acara dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi. Menurut Irna, banyak potensi wisata di wilayahnya. Oleh karena itu, pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan semua potensi wisata yang ada. Apabila potensi wisata itu dikembangkan dan dikelola dengan baik, tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disertai dengan meningkatkan prekonomian masyarakat.

”Saya harap dengan tata kelola destinasi pariwisata serta atraksi wisata yang tertata baik, dapat memberikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pandeglang. Saya mengajak semua pihak dan stakeholder terkait untuk ikut berperan dalam mendukung semua program pemberdayaan masyarakat, dalam meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kementerian, Taufik Rehzan mengatakan, Festival Tanjung Lesung dipilih sebagai seratus festival utama di Kementerian Pariwisata. ”Kementerian Pariwisata hanya memilih seratus acara festival di Indonesia yang akan diakurasi pada tahun 2018,” ucapnya.

Taufik menambahkan, dengan dijadikannya Festival Tanjung Lesung sebagai festival utama Kementerian Pariwisata, maka Festival Tanjung Lesung bukan lagi menjadi acara festival kabupaten. Akan tetapi, menjadi bagian acara festival tingkat nasional. Hal itu diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak, demi kemajuan destinasi wisata Tanjung Lesung.

“Kegiatan Workshop peningkatan atraksi wisata di kawasan Tanjung Lesung dan sekitarnya, merupakan program dari Kementerian Pariwisata, dengan jumlah peserta 60 orang, yang melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI),” tuturnya. (Iman Fathurohman)***


Sekilas Info

Warga Adukan Pencemaran Sungai

PANDEGLANG, (KB).- Warga Kampung Ciherang, Desa Cimoyan, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang berencana mengadukan pencemaran Sungai Ciherang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *