Irjen Pol. Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten

Irjen Pol. Agung Sabar Santoso.*

SERANG, (KB).- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali melakukan pergeseran para perwira tinggi di lingkungannya. Irjen Pol. Tomsi Tohir yang menjabat sebagai Kapolda Banten dimutasi menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai penggantinya, Polri menunjuk Irjen Pol. Agung Sabar Santoso.

Informasi yang dihimpun wartawan, pergantian Kapolda Banten tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/3331/XII/KEP./2019 tertanggal 20 Desember 2019 yang ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Pol. Eko Indra Heri. Selain untuk jabatan Kapolda Banten dalam surat tersebut juga disebutkan pergeseran sejumlah jabatan lain di luar Polda Banten.

Di antaranya, Irjen Pol. Nana Sujana diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya, Brigjen Pol. Hendro Sugiatno diangkat dalam jabatan baru sebagai Asrena Kapolri, Kombes Pol. Dadang Hartanto diangkat menjadi Karorenmin Bareskrim Polri, Kombes Pol. Johnny Eddizon diangkat menjadi Kapolrestabes Medan Polda Sumut dan sejumlah nama yang lainnya.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi P membenarkan, telah terjadi pergeseran sejumlah pejabat di lingkungan Polri termasuk di Polda Banten. Irjen Pol. Tomsi Tohir yang menjabat sebagai Kapolda Banten digeser menjadi Kapolda NTB. “Iya (jadi Kapolda NTB),” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (20/12/2019).

Meski demikian, pergeseran tersebut baru sebatas surat telegram atau belum sampai pada serah terima jabatan. Ia memperkirakan pelaksanaan serah terima jabatan tak dilaksanakan dalam waktu dekat. “Masih lama (serah terima jabatan),” ujarnya.

Disinggung apakah ada nama lain di internal Polda Banten yang juga dimutasi, ia tak membeberkannya. Sampai saat ini mutasi hanya untuk Kapolda Banten. “Itu saja (Kapolda Banten,” katanya.

Sumber lain di internal Polda Banten membenarkan, Kapolda Banten dimutasi menjadi Kapolda NTB. Ia juga tak menampik tak ada nama lain di internal Polda Banten yang dimutasi selain Kapolda Banten. Menurut perhitungannya, Irjen Pol. Tomsir Tohir sudah hampir satu tahun menjabat sebagai Kapolda Banten. “Kurang lebih sudah menjabat satu tahun,” ucapnya.

Berdasarkan catatan wartawan, Irjen Pol. Tomsi Tohir menjabat sebagai Kapolda Banten setelah dilakukan serah terima jabatan yang dilakukan Polri di Jakarta, Senin (26/11/2018). Pada waktu itu yang bersangkutan menggantikan Brigjen Teddy Minahasa.

Di saat bersamaan, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis juga menunjuk Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono sebagai Wakapolri menggantikan posisi Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto yang memasuki masa pensiun.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, dan promosi dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter.

Beberapa perwira tinggi yang turut memasuki masa pensiun adalah Irjen Pol. Bimo Anggoro Seno, Irjen Pol. Rachmad Fudail, Irjen Pol. Abdul Gofur, dan Irjen Pol. Alfons Toluhula. “Ya, benar, TR Wakapolri sudah keluar. Ada juga TR beberapa kapolda,” tutur Raden Prabowo di Jakarta, kemarin. (SN/Ant)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here