Investor Besar Akan Diprioritaskan

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pandeglang sedang menyiapkan layanan prioritas untuk memfasilitasi investor dengan kategori besar, khususnya Penanaman Modal Asing (PMA).

Kepala Bidang Perizinan pada DPMPTSP Kabupaten Pandeglang Eric Widaswara mengatakan, layanan tersebut disiapkan untuk menghadapi pertumbuhan pembangunan di Pandeglang yang akan semakin pesat.

Soalnya, kata dia, sebagai salah satu lokasi yang menjadi proyek strategis nasional (PSN), seperti Jalan Tol Serang-Panimbang dan reaktivasi rel Kereta Api Rangkasbitung-Labuan.

“Kami prioritaskan dengan layanan yang sedang disiapkan untuk investasi besar yang butuh layanan khusus biar investor tidak kabur,” kata Eric, Ahad (21/7/2019).

Menurut Eric, kesiapan tersebut sudah dimulai melalui perencanaan perluasan gedung pelayanan, juga akan meningkatkan kapasitas pelayanan berbasis online.

“Apalagi saat ini, DPMPTSP sudah melayani dua jenis layanan. Yakni, layanan berbantuan dan mandiri melalui aplikasi Online Single Submission (OSS),” ucapnya.

Eric mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, semua pelaku usaha harus mendaftarkan usahanya secara online, juga berlaku bagi investor asing.

“Dalam layanan prioritas itu, yang sedang kami siapkan untuk investasi besar, yang butuh layanan khusus biar investor tidak kabur,” ucapya.

Namun, kata Eric, hingga kini belum ada investor besar yang serius mengurus izinnya untuk berinvestasi di Pandeglang. Sebab, katanya, para pemilik modal dengan jumlah besar masih melakukan penjajakan.

“Untuk saat ini, investor besar belum ada, tetapi sudah harus kami siapkan mengingat Tol Serang-Panimbang akan rampung,” tuturnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Pandeglang Anton Haerul Samsi mengatakan, dalam upaya menarik investor besar membutuhkan kesiapan pemkab. Sebab, kata dia, selain kenyamanan dan jaminan keamanan, investor membutuhkan pelayanan yang baik.

“Jelas harus kita mulai dari sekarang, salah satunya dengan mekakukan pembenahan dalam bidang penerimaan investor dan juga proses perizinan juga harus dilakukan dengan baik. Sehingga kita tidak terkesan mempersulit mereka,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here