Investigasi Kediaman Caleg, Bawaslu: Tidak Memenuhi Unsur

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang menyatakan sudah melakukan investigasi di kediaman salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Banten di perumahan Graha Asri, Kota Serang. Hal itu berdasarkan informasi dari masyarakat yang menyatakan adanya praktik politik uang.

Ketua Bawaslu Kota Serang Faridi mengatakan, saat Bawaslu melakukan investigasi di kediaman Caleg tersebut. Hanya ditemukan adanya aktivitas pelipatan specimen (contoh surat suara) yang merupakan salah satu bahan kampanye caleg.

“Untuk kasus di Graha Asri tidak memenuhi unsur karena itu tidak ada perbuatannya memberikan uang,” kata Faridi saat ditemui di Bawaslu Kota Serang usai rapat Gakkumdu, Selasa (16/4/2019) malam.

Senada, komisioner Bawaslu lainnya, Agus Aan Hermawan mengatakan, pihaknya banyak menerima informasi dari masyarakat terkait adanya praktik politik uang. Namun, hingga saat ini belum ada yang memenuhi unsur.

“Di graha asri itu pun cuma bahan kampanye, dan itu pun tidak terpenuhi karena tidak ada materi disana, kita sudah kesana bahkan kita mengamankan barang bukti berupa specimen dan bahan kampanye dan itu bagian dari pencegahan,” katanya.

Menurutnya, Bawaslu akan menindak lanjuti apapun informasi yang berasal dari masyarakat. Namun, sejauh ini belum ditemukan adanya yang memenuhi unsur.

“Ada kita temukan barang buktinya, tapi tidak memenubi unsur, ada bahan kampanyenya, tapi kan dirumah Caleg itu bisa saja ada sisa bahan kampanye,” ujarnya. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here