Integrasi dengan Tol Tangerang-Merak, Tol Serang-Panimbang Butuh Tambahan 81 Hektare

SERANG, (KB).- Rencana pembangunan tol Serang-Panimbang saat ini masih membutuhkan tambahan lahan sekitar 81 hektare. Penambahan tersebut terungkap setelah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten melakukan kunjungan ke salah satu proyek strategis nasional (PSN) di wilayah Banten tersebut.

Kepala Bappeda Banten Muhtarom mengatakan, PT Wijaya Karya (Wika) selaku penggarap jalan tol Serang-Panimbang meminta tambahan lahan di sekitar area interchange. Lahan itu rencananya digunakan agar tol Serang-Panimbang bisa terintegrasi langsung dengan jalan tol Tangerang-Merak.

“Dia minta tambahan lahan, rencananya supaya terintegrasi dengan jalan tol lain. Makanya, kita monitoring pekan lalu,” kata Muhtarom, Ahad (19/5/2019).

Selain untuk kebutuhan pembangunan interchange, penambahan lahan itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan rest area jalan tol sepanjang 83 kilometer tersebut. Sebab, PT Wika berencana membangun 4 lokasi rest area pada proyek strategis nasional itu.

“Kami akan mengadakan rapat koordinasi dulu untuk mengevaluasi progress PSN. Kami akan undang satker-satkernya nanti,” ujarnya.

Dia merinci, pembangunan fase pertama tol Serang-Panimbang hingga akhir April lalu sudah mencapai 43,8 persen. Rencananya, pembangunan tol yang dibagi dua fase tersebut akan dikerjakan oleh PT Wika dan pemerintah pusat. Fase pertama, akan digarap PT Wika sepanjang 50,3 kilometer dan 32,7 kilometer sisanya akan digarap pemerintah pusat.

“Pemprov akan membantu ini lebih cepat selesai dengan membantu percepatan penetapan lokasi usulan lahan yang baru. Targetnya, kami ingin jalan tol ini bisa rampung tepat waktu karena bisa mendukung potensi sejumlah daerah yang dilalui jalan tol tersebut,” tuturnya.

Pj Sekda Banten Ino S Rawita mengatakan, saat ini usulan penambahan lahan guna pembangunan Tol Serang-Panimbang sedang proses di Biro Bina Infrastruktur Pemprov Banten. “Mudah-mudahan secepatnya selesai,” katanya. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here