Institusi Publik Wajib Informasikan Kinerja

Wali Kota Serang Syafrudin usai membuka Rapat Koordinasi antar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dengan PPID Pembantu di lingkungan Pemerintah Kota Serang di Serang, Kamis (6/2/2020).*

INSTITUSI publik berkewajiban membuka informasi yang berkaitan dengan kinerja di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa mengontrol jalannya roda pemerintahan.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Serang Syafrudin menegaskan Pemerintah Kota Serang, saat Rapat Koordinasi antar-Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dengan PPID Pembantu di lingkungan Pemerintah Kota Serang di Serang, Kamis (6/2/2020).

“Mulai saat ini saya menyarankan agar OPD tidak takut memublikasikan kegiatannya kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui apa saja yang dikerjakan pemerintah,” kata Syafrudin, seperti dikutip dari Antara.

Syafrudin menjelaskan jalannya roda pemerintahan pusat maupun daerah yang menggunakan dana APBN dan APBD memerlukan kontrol serta pengawasan dari masyarakat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Untuk itu, pengawasan masyarakat memerlukan pengaturan secara khusus. Maka, pemerintah Indonesia menerbitkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Syafrudin menuturkan, untuk meningkatkan terwujudnya keterbukaan informasi di Kota Serang diperlukan koordinasi yang baik antara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID dengan PPID Pembantu.

Atas dasar tersebut maka Diskominfo Kota Serang selaku PPID Utama mengadakan Rapat Koordinasi antar PPID Utama dengan PPID Pembantu, dengan menghadirkan narasumber Kepala Komisi Informasi Publik,dan Kepala Diskominfo Kota Serang.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Zahlidar Subroto mengatakan maksud kegiatan tersebut adalah koordinasi dalam pelaksanaaan keterbukaan informasi publik di wilayah Pemkot Serang.

Dalam rakor tersebut membahas berbagai permasalahan yang terjadi di OPD Kota Serang terkait melaksanakan keterbukaan informasi publik, dan melaksanakan pemberian data informasi publik di masing-masing OPD selaku PPID Pembantu kepada Diskominfo Kota Serang.

Diketahui, pada tahun 2019 Pemkot Serang mendapatkan penghargaan sebagai Kota Informatif peringkat ketiga antar Kabupaten/Kota dalam penilaian Keterbukan Informasi Publik oleh Komisi informasi Provinsi Banten. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here