Insentif Guru Ngaji Cair Akhir Tahun

SERANG, (KB).- Uang insentif untuk 8.225 guru ngaji di Kabupaten Serang baru akan cair pada akhir Desember mendatang. Hal itu dikarenakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang masih melakukan verifikasi data para guru ngaji tersebut. Sekretaris Disdikbud Kabupaten Serang, Sarjudin mengatakan, proses verifikasi data tersebut dilakukan untuk mengetahui guru ngaji mana saja yang masih aktif atau tidak. Pendataan tersebut dilakukan di tiap kecamatan.

“Kita masih pendataan supaya valid. Ini kan birokrasi berbelit-belit, jadi yang tahun kemarin dapat juga tahun ini akan diverifikasi. Apakah masih ada orangnya, masih ngajar tidak, atau sudah pindah belum. Kita tidak mau memberikan insentif fiktif datanya, mau tepat orangnya,” ujarnya saat ditemui Kabar Banten, Rabu (26/7/2017).

Ia mengatakan, setelah proses verifikasi data selesai dan diperoleh data yang valid, data itu akan diserahkan kepada Bupati Serang untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK). “Kalau belum ada ya enggak bisa,” ucapnya. Masing-masing guru mendapatkan insentif Rp 600.000 per tahun. Jika dihitung per bulan, setiap orang mendapatkan Rp 50.000 per orangnya. Namun jika dijumlahkan, total insentif yang akan dibagikan tersebut mencapai Rp 4,8 miliar. “Jadi dibagikannya per tahun karena kecil, tapi karena ada 8.225 orang jadi besar juga kalau dikalikan semuanya,” tuturnya.

Menurutnya, uang insentif tersebut memang masih kecil. Walau demikian anggaran tersebut sudah disesuaikan dengan kemampuan daerah. “Pemerintah daerah sudah ada partisipasi yang penting, karena memang keterbatasan anggaran,” katanya. Sarjudin mengatakan, untuk proses pencairannya akan dilakukan oleh pihak Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) guru ngaji.

Pencairannya pun tidak akan dilakukan melalui rekening, namun akan diberikan secara tunai. “Nanti lewat UPT masing-masing terus ke desa. Enggak lewat rekening karena kan kecil juga,” tuturnya. Pembagian insentif tahun ini merupakan kali kedua yang diberikan oleh Pemkab Serang melalui dinas pendidikan. Sebab untuk tahun sebelumnya dilakukan oleh bidang kesra. (H-48)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here