Senin, 23 April 2018

Ingin Jadi Petugas Haji Banten? Ini Syaratnya

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi Banten kembali memberikan peluang kepada masyarakat untuk mengikuti rekrutmen calon petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) 2018.

“Silakan yang memenuhi syarat mendaftar. Surat permohonan ditujukan kepada Gubernur Banten,” kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Banten Irvan Santoso, Senin (16/4/2018) siang.

Diungkapkan, persyaratan peserta antara lain sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari dokter, memiliki kompetensi dan keahlian sesuai bidang tugas, berintegrasi dan bersedia menandatangani pakta integritas, Pegawai Negeri Sipil/TNI/POLRI/tokoh agama /tokoh masyarakat/pembimbing dari unsur kelompok bimbingan dan/atau pegawai tetap di rumah sakit / klinik swasta, memiliki kondite baik dan tidak terlibat dalam proses hukum yang sedang berlangsung dan/atau surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian, belum pernah bertugas sebagai petugas TPHD dan TKHD Provinsi Banten.

Selain itu, tambah Irvan, calon peserta Bidang Pelayanan Umum harus memenuhi persyaratan khusus, yakni umur paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 60 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, pendidikan minimal S1 atau sederajat (poto copy ijazah dilegalisir), Pegawai Negeri Sipil / TNI / POLRI melampirkan rekomendasi dari pimpinan unit kerja masing masing.

Selain itu, memiliki kemampuan manajerial, diutamakan sudah menunaikan ibadah haji, memahami ilmu manasik haji dan alur perjalanan ibadah haji, dapat membaca Alquran, dan diutamakan mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris.

Sementara syarat untuk bidang Pelayanan Bimbingan Haji, yakni umur paling rendah 30 tahun dan paling tinggi 65 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, sudah menunaikan ibadah haji, dapat membaca Alquran dengan baik, pembimbing dari unsur KBIH atau yang direkomendasikan oleh KBIH yang terdaftar di Kementerian Agama, wajib memiliki kemampuan dibidang peribadatan dan ilmu manasik haji.

“Memiliki kemampuan untuk membimbing ibadah haji, diutamakan mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris,” ujarnya.

Sedang persyaratan Bidang Pelayanan Kesehatan, yakni umur paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 55 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, pegawai tetap di Rumah Sakit/Klinik Swasta dan memiliki sertifikat ijasah bidang kesehatan minimal Diploma III (poto copy dilegalisir), melampirkan rekomendasi dari pimpinan tertinggi unit kerja masing masing, diutamakan sudah menunaikan ibadah haji, memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki komitmen terhadap kesehatan jemaah haji, dan diutamakan mampu berbahasa Arab/Inggris.

“Persyaratan calon TPHD/TKHD di serahkan langsung ke Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten , dengan alamat Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Jl. Syeh Nawawi Al-Bantani , Palima Kota Serang Banten,” katanya.

Disebutkan, pendaftaran dibuka mulai tanggal 16-23 April 2018, ditujukan kepada Gubernur Banten c.q Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten. Bahan-bahan yang harus dilampirkan, surat permohonan lamaran calon TPHD dan TKHD, fotocopy Kartu Tanda Penduduk, fotocopy kartu keluarga (KK), fotocopy Ijasah terakhir yang telah dilegalisir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter, surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian, pas foto warna dengan latar berwarna merah ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

“Bagi masyarakat yang telah mengajukan permohonan sebelum pengumuman ini diterbitkan dianggap belum mengajukan permohonan. Bagi calon TPHD /TKHD yang memenuhi persyaratan administrasi dan lulus seleksi akan diumumkan melalui media cetak yang ditunjuk,” ungkapnya. (Sy)*


Sekilas Info

RAC PERADI SERANG 2018, Integritas Pengacara Perlu Ditingkatkan

Masalah integritas pengacara mengemuka saat rapat anggota cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Serang di salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *