Infrastruktur ‘Smart City’ Cilegon Capai 75 Persen

CILEGON, (KB).- Sejak dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam program 100 smart city, Kota Cilegon terus melakukan penyempurnaan berbagai aspek aplikasi dan pelayanan digital.

Kepala Dinas Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon, Achmad Jubaedi mengatakan, sampai sekarang pembangunan infrastruktur Smart City sudah mencapai 75 persen.

”Sudah mencapai 75 persen untuk infrastrukturnya, seperti pembuatan aplikasi digital pelayanan di setiap kelurahan sampai kecamatan, serta seluruh dinas juga dilakukan pembangunan,” katanya, Jumat (28/6/2019).

Dia menuturkan, dalam hal kebijakan atau rapat akan juga dilakukan dengan jaringan telekomunikasi atau melalui telekonfrencs, sehingga menjadi semakin efektif dan efisien dalam setiap proses pengambilan keputusannya.

”Keinginannya ada pemasangan alat untuk bisa terintegrasi saat rapat telekonfrens untuk seluruh kepala OPD. Sehingga apabila tidak ada keputusan, maka bisa diambil alih oleh pemangku kebijakan sebagai pengambil keputusan. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan salah satu provider untuk membuatnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, proses penyempurnaan aplikasi dan digitalisasi terus dilakukan. Dia mengharapkan seluruh OPD intens dalam menyampaikan informasi pelayanan melalui aplikasi yang sudah disediakan.

”Aplikasi sudah ada tinggal dipergunakan dengan baik dan seoptimal mungkin sebagai bentuk informasi kepada warga. Selain itu juga dengan adanya aplikasi pelayanan bisa dilakukan secara online,” tuturnya.

Ia berharap dalam setiap rapat bisa dilakukan secara online, sehingga lurah, camat dan dinas cukup berada di kantor masing-masing. Sehingga tidak mesti menghabiskan waktu dan menungu rapat dimulai sebelum semua dinas hadir. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here