Jumat, 14 Desember 2018

Indahnya ”Harta Karun” Alam Curug Cihear

Kabupaten Lebak, Provinsi Banten terbilang salah satu daerah yang kaya dengan destinasi wisata. Tidak saja terkenal dengan wisata sejarah Gedung Multatuli, namun kota angklung ini menyimpan banyak harta karun alam berupa curug atau air terjun. Salah satunya Curug Cihear yang terletak di bagian selatan Provinsi Banten, tepatnya sekitar Gunung Leutik berada dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Lebak.

Bagi seorang traveler yang suka berpetualang akan merasakan keindahan alam Curug Cihear. Anda bisa melakukan trip atau jalan-jalan menelusuri alam gunung. Perjalanan menyerukan dan sedikit menantang karena medannya mirip mendaki gunung, panjat tebing bahkan menyusuri tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Seperti dikutip dari laman dispar.bantenprov.go.id, menyebutkan, curug tersebut memiliki ketinggian sekitar 28 meter dengan lebar kurang lebih 6 meter. Objek wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk dapat dikunjungi bersama teman-teman yang punya hobi menjelajah wisata alam.

Untuk rutenya, Anda bisa melewati banyak jalur. Kalau dari Ibu Kota Jakarta untuk sampai ke tempat tujuan harus menempuh jarak sekitar 100 kilometer melalui Balaraja atau 8o kilometer dari Serang melalui Pandeglang dan Rangkasbitung. Sedangkan dari arah timur, Anda bisa melewati Bogor dengan jarak tempuh lebih kurang 3-4 jam lewat trayek BogorLeuwi Liang-Jasinga-Ciruas-Kampung Muhara Lebak Gedong.

Sedangkan kalau dari arah barat melewati Rangkasbitung dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam lewat jurusan Rangkasbitung-Sajira-Cipanas-Kampung Muhara, Lebak Gedong. Bagi wisatawan yang baru tiba di Kampung Muhara perjalanan diteruskan lewat rute pendakian sejauh 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, dan 1,5 kilo meter dari Desa Cigobang.

Akses yang memadai tentunya bisa memudahkan Anda untuk bisa berkunjung ke Curug Cihear dengan gampang. Terlebih juga Curug Cihear yang berada di Gunung Leutik tepatnya di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak tersebut terdapat sungai yang biasa digunakan untuk arum jeram yaitu Sungai Ciberang. Dua objek wisata bisa kita nikmati di satu tempat. Selain menikmati keindahan alam curug juga bisa menikmati arum jeram di Sungai Ciberang.

Seorang pengunjung Curug Cihear, Ali Muhtado mengatakan, destinasi wisata alam ini namanya cukup bergeming di nusantara. Apalagi lokasi curug berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. “Pokoknya, saat Anda berada di Lebak sempatkan waktu berwisata ke curug tersebut. Anda bisa menikmati dua keindahan alam, sungai arum jeran Ciberang dan eksotisnya Curug Cihear,” ucapnya. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Wisata Pantai Gratis di Anyer Perlahan Hilang

KEINDAHAN Pantai Anyer yang secara letak geografis berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *