Iman Ariyadi Didakwa Terima Suap

Wali kota Cilegon nonaktif, Tubagus Iman Ariyadi usai mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Tipikor Serang, Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kota Serang, Kamis (8/2/2018).*

SERANG, (KB).- Wali Kota Cilegon non-aktif Tubagus Iman Ariyadi, dihadirkan sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Serang, Kamis (8/2/2018), dalam perkara dugaan suap terkait rekomendasi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) pembangunan Mall Transmart.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Dian Hamisena, mendakwa Iman telah menerima suap dari PT KIEC Rp 700 juta dan PT Brantas Abipraya (BA) Rp 800 juta. Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Epiyanto itu, JPU Dian mengatakan, terdakwa Iman Ariyadi melakukan perbuatan tersebut bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Cilegon, Ahmad Dita Prawira, (sekarang non-aktif) dan Direktur PT Jayatama Pramayasa, Hendri (keduanya terdakwa).

Suap tersebut diberikan PT KIEC Rp 700 juta dan PT BA Rp 800 juta kepada Iman Ariyadi secara bertahap. Untuk menyamarkan suap, uang diberikan melalui dana Coorporate Sosial Responsibility (CSR) untuk klub sepak bola Cilegon United Footbal Club (CUFC).
Suap tersebut, tutur JPU, diberikan untuk menerbitkan surat rekomendasi kepada PT BA dan PT KIEC, terkait proyek pembangunan Mall Transmart tahun 2017, meskipun belum ada perizinan yang resmi.

Menurut JPU, perbuatan tersebut bertentangan dengan kewajiban terdakwa sebagai penyelenggara negara atau kepala daerah untuk tidak melakukan perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme.
JPU Dian Hasimena menyatakan, atas perbuatan tersebut, terdakwa dapat dinyatakan bersalah telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Sidang hari itu ditutup akan dilanjutkan pekan depan. (RI/HY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here