Ikuti Pembinaan UIN SMH Banten, Mahasiswa Bidikmisi Diharapkan Lanjutkan Pendidikan

Mahasiswa bidikmisi UIN SMH Banten diberikan materi speaking, reading, writing dan listening di Lembah Bukit Hijau Mancak Kabupaten Serang, Sabtu (11/1/2020).*

SERANG, (KB).- Sebanyak 170 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (UIN) SMH Banten mengikuti pembinaan mahasiswa bidikmisi, di Lembah Bukit Hijau (LBH) Mancak Kabupaten Serang, Sabtu (11/1/2020).

Kegiatan tersebut memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Bidikmisi (HMBM) UIN SMH Banten Ahmad Khoirul Ifan mengatakan, pembinaan tersebut menggunakan metode International English Language Testing System (IELTS).

Hal itu agar mahasiswa angkatan 2018 bisa mahir dalam berbahasa asing. Selain itu, pihaknya juga memberikan motivasi agar mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan melalui LPDP.

“Kegiatan kami dilaksanakan selama empat hari yakni Jumat-Senin (10-12/1/2020) dengan menghadirkan materi yakni ahli bahasa Inggris dari Kediri dan beberapa tutor bahasa Inggris dari mahasiswa asal Gambiya. Materi yang diberikan tersebut yakni speaking, listening, reading dan writing,” kata Ifan kepada Kabar Banten.

Baca Juga : HMBM UIN SMH Banten Gelar Pembinaan Mahasiswa Bidikmisi

Ia mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa berbahasa asing, baik secara akademik ataupun non akademik. Tujuannya untuk melatih dan menambah wawasan terkait dengan penguasaan bahasa asing.

“Kami bisa mencetak mahasiswa bidikmisi yang berkompeten di semua bidang dan bisa melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Karena banyak fakultas di UIN SMH Banten yang melakukan pertukaran mahasiswa, sehingga mahasiswa bidikmisi bisa menjadi bagian dari pertukaran tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina HMBM UIN SMH Banten Ade Eman S berharap, mahasiswa bidikmisi mampu bersaing dan berkompeten dalam berbahasa. Hal itu menjadi modal mahasiswa untuk bersaing baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

“Kami berharap mahasiswa dapat melanjutkan pendidikannya melalui program beasiswa di luar negeri melalui LPDP, ataupun beasiswa lainnya,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here