IGI Banten Tekankan Penggunaan Teknologi Digital

SERANG, (KB).- Era revolusi Industri 4.0 membawa dampak pada dunia pendidikan yakni dalam pemanfaatan teknologi digital. Seperti pada proses pembelajaran, penyelesaian berbagi tugas, tak lepas dari arus perkembangan informasi dan teknologi, salah satunya menggunakan aplikasi webex dalam kegiatan seminar.

Hal tersebut ungkapkan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Banten Tubagus Saiful Bahri, usai mengisi materi pada kegiatan Virtual Coodinator Training (VCT) Batch 4 Wilayah Banten, di salah satu rumah di Kota Serang, Sabtu (18/5/2019).

“Dalam virtual coordinator training, setiap peserta harus mampu mengambil setiap peran dalam diskusi. Yakni pernah menjadi host, moderator, dan mereka flyer kegiatan berisi informasi meeting room, tema diskusi dan waktu pelaksanaan, kemudian membuat daftar hadir online,” kata Saiful kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, kegiatan VCT tersebut dilaksanakan di seluruh Indonesia menggunakan aplikasi webex, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada peserta yang mengikuti untuk membuat flyer, sebenarnya syarat untuk mengikuti kegiatan ini yakni pernah melakukan teleconference online.

“Banyak manfaat dalam menggunakan aplikasi tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran pada tingkat SMA. Kelebihan aplikasi ini yakni internet harus stabil dan kuat, kalau tidak tentu akan terganggu,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembelajaran menggunakan digital, sehingga ketika melakukan pembelajaran itu sudah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, kapanpun, dimanapun kalau sudah memanfaatkan webex itu, siswa juga sudah menggunakannya mudah untuk menggunakannya.

“Kita dapat aplikasikan itu pada pembelajaran, siswa dapat melakukannya di rumah, dan guru berada di tempat lain, siswa dapat memperhatikan, kita dapat berinteraksi. Kami juga membuat room, dan membuat orang lain dapat melihat satu orang yang sedang persentasi, webex juga tidak dibatasi jumlah pesertanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IGI Kota Serang Akto Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut yakni melakukan teleconference menggunakan aplikasi webex. Webex sudah dispesialisasi untuk seminar online, kalau sistemnya webex lebih stabil.

“Manfaatnya untuk menggiring siswa tidak terfokus pada aplikasi-aplikasi diluar pendidikan, sehingga banyak orang yang beranggapan gaet itu tidak dapat digunakan untuk media pembelajaran. Selain itu juga dapat memberikan manfaat untuk berkolaborasi pada stakeholder disuatu waktu dan tidak terpengaruh dengan tempat,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here