Iduladha, Jalan Tirtayasa dan Juhdi Kota Serang Ditutup Sementara

SERANG, (KB).- Menyambut Iduladha, Jalan S.A Tirtayasa dan Jalan Juhdi kawasan Royal Kota Serang akan ditutup sementara. Mulai Jumat hingga Ahad (9-10/8/2019). Penutupan kedua jalan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi Pedagang Kaki Lima (PKL) musiman.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop dan UKM) Kota Serang Jhoni Manahan mengatakan, kedua jalan tersebut untuk memfasilitasi para PKL musiman dalam menyambut Iduladha.

“Itu sudah puluhan tahun. Setiap menjelang Idul Fitri dan Iduladha banyak PKL yang membuka lapak di tengah jalan Tirtayasa dan Juhdi. Karena memang itu kebiasaan dari dulu di Serang. Jadi ya kami hanya memfasilitasi,” katanya, Sabtu (9/10/2019).

Ia juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti kelurahan, Dinas Perhubungan (Dishub) dan unsur kepolisian. Menurutnya, ini merupakan agenda rutin tahunan yang biasa dilakukan oleh pihaknya. “Kami sudah ada izinnya. Untuk jam buka mulai malam Jumat sampai malam takbiran. Dari sore pukul 15.00 sampai pukul 02.00 dini hari,” ucapnya.

Terkait retribusi atau sewa tempat, ia mengatakan, tidak ada sama sekali biaya apapun yang ditarik oleh pihaknya. Karena Disperdaginkop hanya memfasilitasi dan sebatas bertanggung jawab terkait lokasi serta izin berjualan. Sedangkan untuk hal lainnya, ia tidak mengetahuinya.

“Kami hanya memfasilitasi tempat. Kami tidak pernah mengeluarkan harga sewa, kami hanya mengeluarkan izin untuk berjualan, dengan segala aturannya. Jadi ketika malam takbir, sampah-sampahnya harus bisa bersih. Sehingga besok paginya tidak ada lagi sampah yang berserakan,” ujarnya.

Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kedua jalan itu memang biasa digunakan untuk kegiatan berdagamg bagi para PKL musiman setiap perayaan Idulfitri dan Iduladha. “Sudah puluhan tahun. Tujuannya ya memberikan peluang usaha dan membantu masyarakat untuk mempermudah belanja sesuai tradisi hari raya di Serang,” katanya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here