Sabtu, 23 Februari 2019

IDUL FITRI ZAMAN NOW

Ramadan 1439 H telah berlalu yang dalam praktiknya ada yang bertemu penuh selama Ramadan ada yang sampai awal Ramadan bahkan ada yang jelang akhir Ramadan dipanggil keharibaan ilahi robbi.

Bagi kita yang masih diberi kesempatan ngontrak di alam fana ini berarti masih diberi kesempatan mengibarkan bendera perbaikan dan kebaikan seraya terus berharap penuh doa semoga masih dipertemukan dengan Ramadan tahun depan. Amin yaa robbal alamin.

Perbaikan dan kebaikan inilah yang perlu menjadi perhatian untuk sambut Ramadan mendatang. Di antara perbaikan ke depan bila Ramadan tahun ini sebatas baca Quran maka ke depan kita upayakan baca tulis Alquran ini penting mengingat setelah pihak pemprov banten bekerjasama dengan LPTQ Provinsi Banten ternyata kemampuan baca tulis Alquran di Banten cukup mencengangkan. Sebab, presentasi yang belum bisa baca tulis Alquran cukup tinggi. Upaya kongkret LPTQ secara rutin bertempat di Masjid Raya Albantany digelar gerakan tahsin tilawah Quran.

Saat ibu-ibu sibuk buat kue lebaran padahal masih di bulan Ramadan dan bapak-bapaknya tertarik saat berbuka puasa berhasrat ingin mencicipi kue produk ibu-ibu, malah bapak-bapaknya dibentak seraya berkata ini kue buat lebaran kalau mau ini yang retak-retak saja. Padahal pahala di bulan Ramadan diobral maka Ramadan tahun depan mesti kita kibarkan perbaikan.

Awal Ramadan masjid penuh dengan jamaah, namun akhir Ramadan semakin berkurang. Ramadan tahun depan mesti ada perbaikan strategi. Misalkan, jamaah haji asal kota dan kabupaten dimohon solat tarawih di Masjid Raya Albantany, dilanjutkan bimbingan manasik haji. Itu bisa digilir berdasar jadwal tahun keberangkatan, mengingat masjid yang begitu besar dan luas tapi minim jamaah. Ini perlu kerja bareng antara IPHI, Kemenag, dan Pemprov Banten. Dengan demikian insya Allah Masjid Raya Albantany senantiasa makmur dan penuh dengan jamaah.

Yang tragis di bulan Ramadan era disrupsi ini masih terkadang mengirim berita atau iklan yang tidak pas dengan nilai akhlak. Padahal baca Quran saja belum tamat.

Tradisi mudik di malam takbiran perlu diperhitungkan sematang mungkin, antisipasi macet yang akhirnya takbiran tertinggal dan solat Id ketinggalan. Bagi kaum muslimat Idul Fitri momentum tepat untuk tutup aurat, bukan malah berjubel antre di salon untuk buka aurat. (Wawan Wahyuddin/Dosen UIN Banten)*


Sekilas Info

Politik Sehat Negara Kuat

Oleh:  Wafa Abdullah Faqih Abbas Mungkin banyak yang setuju jika dikatakan pada 2019, adalah tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *