Idul Fitri 1440 H, ASN Pemkab Serang Dilarang Tambah Cuti

SERANG, (KB).- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang dilarang mengeluarkan surat cuti tambahan bagi aparatur sipil negara (ASN) pada Hari Raya Idulftri 1440 Hijriah. Hal itu dikarenakan libur hari raya tahun ini sudah sangat panjang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb. Entus Mahmud Sahiri mengatakan, menyikapi Hari Raya Idulfitri, tidak ada kebijakan untuk mengambil cuti tambahan.

Namun demikian, bagi ASN yang benar-benar membutuhkan cuti tambahan semisal karena sakit atau kondisi rumah yang jauh sehingga tak dapat tiket pulang akan ada dispensasi. Namun harus atas seizin Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. ”Jadi izinnya langsung dari bupati,” ujarnya kepada Kabar Banten, Kamis (23/5/2019).

Entus mengatakan, dengan demikian BKPSDM dilarang untuk mengeluarkan surat cuti tambahan saat hari raya. Sedangkan bagi mereka yang bolos pascahari raya akan dikenakan sanksi. ”Kami akan perintahkan BKD (BKPSDM) untuk sidak kehadiran pegawai tanggal 10, 11, dan 12 Juni 2019 di OPD dan kecamatan,” tuturnya.

Menurut dia, tidak adanya cuti tambahan itu dikarenakan libur lebaran kali ini sudah cukup panjang yakni mencapai 10 hari. ”Itu bisa pulang lebih awal. Habis hari raya jangan lama-lama di kampung, ingat tugas lagi,” ucapnya.

Ia mengatakan, sanksi bagi mereka yang bolos adalah pemotongan TPP pada bulan berikutnya. Berdasarkan informasi, libur hari raya akan dimulai sejak Kamis (30/5/2019). Kemudian pada Jumat (31/5/2019) walau tidak merah, namun karena terjepit sehingga diliburkan.

”Mulai cuti itu sejak 3, 4, 7 dan 6 Juni. Kami secara manusiawi juga mempertimbangkan kasus per kasus (yang tambah cuti), tapi secara umum tidak ada tambahan cuti hari raya,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here