IDRI Banten Gelar Seminar Webinar, Dosen Diharapkan Tingkatkan Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi

Tangkapan layar seminar berbasis web (Webinar) tentang "Penulisan Artikel Bereputasi Internasional" yang diselenggarakan Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten, Rabu (20/5/2020).*

SERANG, (KB).- Dosen Perguruan Tinggi di Banten diharapkan dapat meningkatkan penulisan jurnal internasional bereputasi karena dosen Perguruan Tinggi di Banten masih sangat rendah dalam hal publikasi Internasional.

“Hal ini bisa dilihat dari Laman sinta.ristekbrin.go.id yang menampilkan profil publikasi setiap perguruan tinggi,” ujar Kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) Dr. Mujiarto MT, yang didaulat sebagai narasumber tunggal pada seminar berbasis web (Webinar) tentang “Penulisan Artikel Bereputasi Internasional” yang diselenggarakan Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten dan dimoderatori oleh Surti Zahra, Dosen Universitas Bina Bangsa, Rabu (20/5/2020).

Dalam seminar yang diikuti sebanyak 49 dosen yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia tersebut, Mujiarto menyampaikan bahwa menulis artikel jurnal internasional yang terindeks ‘Scopus’ bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan oleh dosen sepanjang dosen tersebut mematuhi beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh pengelola Jurnal Internasional.

“Saya berharap publikasi internasional dosen di Indonesia, khususnya dosen yang tergabung di IDRI Banten bisa meningkat. Tidak ada kata terlambat untuk memulai menulis di Jurnal Internasional, yang paling berat adalah memulai menulis. Kolaborasi antar peneliti dan dosen lainnya adalah kunci dalam memulai publikasi Internasional,” ujar Mujiarto.

Sementara itu, Ketua IDRI Provinsi Banten Achmad Rozi El Eroy menyampaikan bahwa seminar ini sangat penting bagi dosen yang sedang fokus untuk meningkatkan karir akademik, khususnya dalam peningkatan jam terbang penulisan Jurnal Internasional bereputasi.

Workshop ini, kata dia, merupakan sarana silaturahmi antar dosen untuk menumbuhkan semangat berkolaborasi dalam hal penulisan artikel bereputasi Internasional. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here