ICMI Harus Beri Solusi untuk Kesejahteraan Masyarakat

CILEGON, (KB).- Cendikiawan yang tergabung dalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) harus mampu memberikan solusi atau kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ICMI pun harus bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya, sehingga keberadaannya bisa dirasakan berbagai pihak, terutama masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Provinsi Banten Lili Romli ketika memberikan sambutan pada Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) ICMI Orwil Banten di Aula Gedung DPRD Kota Cilegon, Selasa (27/11/2018). “Jadi, anggota ICMI jangan hanya asyik dengan pemikirannya sendiri. ICMI harus peduli kepada kaum mustadh’afin atau kaum yang lemah atau terpinggirkan,” kata Lili Romli.

Oleh karena itu, Lili Romli, mengajak kepada seluruh anggota ICMI untuk lebih dekat dengan masyarakat. Dalam menyusun program pun, ICMI harus mampu membuat program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Atas dasar itu, lanjut Lili, ICMI Banten akan menggelar seminar untuk UMKM pada 10 Desember 2018. “Jumlah peserta bisa mencapai 500 orang,” katanya.

Dia juga mengatakan, ICMI harus membangun sinergi dengan berbagai potensi. ICMI tidak boleh kerja sendirian. Dalam bahasa lain, ICMI dituntut menjalankan fastabiqul khairat atau berlomba-lombalah berbuat kebajikan. “ICMI jangan jadi organisasi tanpa bentuk, sebaliknya ICMI harus memberi manfaat,” tegas Lili.

Dalam upaya membangun sinergi itulah, pada acara Silakwil ICMI Orwil Banten digelar penandatangan kerja sama antara ICMI dengan HU Kabar Banten dan ICMI dengan Radar Banten. Pada bagian akhir, Lili berpesan agar ICMI Orwil Banten bisa membuat Banten menjadi “manis”, bukan “asem”. Oleh karena itu, ia juga mengingatkan dalam membuat program kerja harus relaistis dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Acara yang dibuka Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman Umar itu dihadiri antara lain Asda I Kota Cilegon Taufiqurrohman, dan Dewan Penasihat ICMI Orwil Banten HA Taufik Nuriman, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (HU Kabar Banten) Rachmat Ginandjar, dan Direktur Radar Banten Mashudi. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here