Selasa, 21 Agustus 2018

ICMI Gelar Seminar Pembinaan Keluarga

CILEGON, (KB).- Pembangunan keluarga sejahtera diarahkan kepada terwujudnya kehidupan keluarga sebagai wahana persemaian nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membina ketahanan keluarga, agar mampu mendukung kegiatan pembangunan.

Perlu ditumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera yang dilandasi rasa tanggung jawab, kesukarelaan, nilai-nilai agama, dan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Hal tersebut yang mendasari Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kota Cilegon menyelenggarakan kegiatan seminar nasional tentang pembinaan keluarga, yang di gelar di salah satu hotel Kota Cilegon, Sabtu (21/10/2017).

Ketua ICMI Kota Cilegon, Ismatullah menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama dari Direktorat Pembinaan Keluarga pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang bertujuan untuk memberikan pembinaan terhadap anggota ICMI dalam mewujudkan keluarga yang harmonis.
“Kami ingin membina keluarga yang ada di ICMI Cilegon ini menjadi keluarga yang bahagia, terhindar dari permasalahan dan menjadikan putra-putri dari ICMI menjadi generasi yang baik,” katanya.

Ia menuturkan, anggota ICMI Cilegon saat ini berjumlah 300 orang yang terbagi di delapan wilayah di Kota Cilegon dan satu di perguruan tinggi Untirta. “Pada seminar ini juga tidak hanya diikuti anggota ICMI Cilegon saja, tetapi kami juga mengundang ICMI Organisasi Daerah se-Provinsi Banten,” ujarnya.

Pendidikan, ucap dia, adalah segala usaha yang dilakukan untuk menyampaikan kepada orang atau pihak lain segala hal untuk menjadikannya mampu berkembang menjadi manusia yang lebih baik, lebih bermutu, dan dapat berperan lebih baik juga dalam kehidupan lingkungannya dan masyarakatnya. “Keluarga merupakan wahana pertama dan utama dalam pendidikan karakter anak. Apabila keluarga gagal melakukan pendidikan karakter pada anak-anaknya, maka akan sulit bagi institusi-institusi lain di luar keluarga (sekolah) untuk memperbaikinya,” ucapnya.

Menurut dia, kegagalan keluarga dalam membentuk karakter anak akan berakibat pada tumbuhnya masyarakat yang tidak berkarakter. Oleh karena itu, setiap keluarga harus memilki kesadaran, bahwa karakter bangsa sangat bergantung pada pendidikan karakter anak di rumah.

Sementara itu, Asda I Pemkot Cilegon, Taufiqurrahman menuturkan, pendidikan keluarga sangat penting, namun seringkali dianggap tidak penting. Etika yang benar harus diajarkan kepada anak semenjak kecil, sehingga ketika seorang anak menjadi dewasa, dia akan berperilaku baik. Tentu saja perilaku orangtua juga harus baik dan benar sebagai contoh untuk anaknya.

Jika semenjak kecil seorang anak diajarkan dengan baik dan benar, maka keluarga tersebut akan harmonis. “Seandainya setiap keluarga mengajarkan nilai-nilai etika yang benar, maka semua manusia akan hidup berdampingan dan damai. Seminar pembinaan keluarga merupakan wujud kepedulian ICMI terhadap pendidikan keluarga,” tuturnya. (HS)***


Sekilas Info

Proyek Betonisasi Bermasalah

CILEGON, (KB).- Proyek pembuatan jalan beton di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *