ICMI Dorong Masyarakat Pahami Nilai Pancasila

Ketua ICMI Kota Serang, Rohman (kiri) dan anggota MPR RI, Yandri (kanan) saat memberikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Acara tersebut dihadiri 400 orang dari pemuda serta sebagian dari warga desa binaan ICMI Kota Serang di Gedung Korpri Kota Serang, Sabtu (14/10/2017).*

SERANG, (KB).- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Serang mendorong masyarakat Kota Serang untuk dapat memahami nilai Pancasila. Saat ini banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan.
Ketua ICMI Kota Serang, Rohman menuturkan, program MPR RI salah satunya, yaitu menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan yang di dalamnya terdapat Pancasila serta UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika penting untuk dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia.

“Empat pilar kebangsaan itu menjadi pelaksana berbangsa dan bernegara,” katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (14/10/2017). Ia mengatakan, kehidupan berbangsa dan bernegara ini membutuhkan fondasi, di mana dirumuskan tokoh-tokoh sejarawan. Sehingga, munculah 4 pilar kebangsaan tersebut. “Saat ini, kami memiliki kesempatan dengan MPR RI dalam penerapan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Meskipun untuk menanamkan nilai-nilai atau jiwa kebangsaan kepada setiap masyarakat tidak mudah. Selain itu, untuk mengimplementasikan juga membutuhkan dorongan dari berbagai pihak.  “Peserta yang hadir saat itu dari kelompok muda. Mereka harus menjadi garda terdepan di Kota Serang ini. Kaum pemuda lah yang harus kami tanamkan nilai Pancasila, karena banyak yang salah mengartikan 4 pilar kebangsaan ini terutama Pancasila,” ucapnya.

Selain pemuda di Kota Serang, dia menjelaskan, ICMI Kota Serang juga mengajak beberapa warga dari desa binaannya untuk menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan.  “Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI merupakan hal yang pokok dalam menjalani pemerintahan dalam kehidupn berbangsa dan bernegara. Sejauh ini, di Kota Serang perlu ada perbaikan dari waktu ke waktu,” tuturnya. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here